Pilkada Sambas, Petahana Hairiah Siapkan Program Penanganan COVID-19

Calon Bupati Hairiah pada Pilkada Sambas (antara)
Sumber :

VIVA – Hairiah yang berlaga di Pilkada Sambas 2020 menyiapkan berbagai program dalam pencegahan dan penanganan wabah COVID-19 jika dipercaya kembali untuk memimpin Sambas, Kalimantan Barat.

"Kami sudah memikirkan dan menyiapkan program apa saja ke depan ketika terpilih kembali," kata Bakal Calon Bupati Sambas Hairiah saat dihubungi di Sambas, Senin (26/10).

Ia mengatakan bahwa pihaknya tetap mengedepankan upaya pencegahan dengan aktif, terus melakukan kampanye dan program nyata dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Dari sisi kesehatan, lanjut dia, penting menghadirkan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyeluruh dari sarana puskesmas, rumah sakit, dan prasarana penunjang kesehatan tenaga medis, obat-obatan, APD, dan lainnya yang harus tetap tersedia.

Dari sisi ekonomi, sektor pemberdayaan ekonomi di berbagai bidang, terutama UMKM, BUMDes, jalur distribusi yang lancar, peluang menjual produk lokal ke luar daerah, dan ekspor menjadi sorotan.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

BACA JUGA: Ketua IDI Kalimantan Barat Positif COVID-19

Untuk pertanian, terus meningkatkan produksi pertanian dengan menambah fasilitas alat pertanian, ketersedaian pupuk, benih, dan pasar untuk hasil jual bidang pertanian. Berikutnya, perluasan tanaman perkebunan jagung, karet, serta sayuran dan buah-buahan lokal.

Selanjutnya, di sisi pendidikan, perbaikan dan fasilitas sekolah dengan standar kesehatan yang telah disepakati secara bersama.

Bidang sosial, menggerakkan rasa kebersamaan, adat budaya, meningkatkan pariwisata. Dalam hal ini, telah ditetapkan sebagai wilayah strategis nasional di Kecamatan Sajingan dan Kecamtan Paloh.

Peningkatan olahraga dengan kegiatan kegiatan yang menggali potensi olahragawan daerah dengan pembinaan dan peningkatan fasilitas olahraga.

Untuk kepemudaan, pelibatan pemuda dalam setiap kegiatan, seni, budaya, olahraga, sosial, ekonomi kreatif, dan lainnya.

"Semua kegiatan dalam bingkai protokol kesehatan dan terus disosialisasikan dengan empat cara, yakni memakai masker, cuci tangan dengan sabun pakai air mengalir, jaga jarak, dan hindari kerumunan," katanya. (ant)

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024