Elektabilitas Appi-Rahman Moncer, Erwin Aksa: Alhamdulillah

Ketua Tim Pemenangan Appi-Rahman, Erwin Aksa
Ketua Tim Pemenangan Appi-Rahman, Erwin Aksa
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Persaingan empat pasangan calon di Pilkada Kota Makassar terus menghangat. Erwin Aksa yang juga ketua Tim Pemenangan Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando atau Appi-Rahman menyampaikan tren elektabilitas duet jagoannya itu diyakini masih terus meroket.

Menurut dia, dari pengalamannya sebagai tim pemenangan di pilkada sebelumnya seperti Pilgub DKI 2017, Appi-Rahman punya kecenderungan terus naik hingga makin dekatnya pemungutan suara.

"Pengalaman saya di pilkada sebelumnya, kalau tren paslon sudah naik, bakal naik terus. Kalau sudah turun, biasanya turun terus dan susah untuk didongkrak," kata Erwin, dalam keterangannya, Senin, 23 November 2020.

Dia menjelaskan, merujuk dari September hingga pekan pertama November 2020, ditemukan fakta dari tiga lembaga survei yaitu Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Celebes Research Center (CRC), dan Script Survei Indonesia (SSI). Dari tiga survei itu, menurutnya, ada penurunan yang dialami pesaing Appi-Rahman yaitu paslon nomor urut 1 yang juga petahana, Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi.

Dia menganalisis ada kemerosotan elektabilitas hingga 3 persen dari 41,9 persen ke 38,5 persen.

Namun, Appi-Rahman dengan survei yang sama menunjukkan tren elektabilitas meningkat hingga angka 13 persen. Angka itu menurutnya dari 17,8 persen naik jadi 30 persen.

Baca Juga: Relawan Appi-Rahman Ditikam, Erwin Aksa Geram