Bisakah Hewan Peliharaan Tulari Corona Covid-19, Ini Faktanya

Ilustrasi Bermain dengan Hewan Peliharaan
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Wabah virus Corona baru atau Covid-19 telah menginfeksi sebanyak 113.702 orang di seluruh dunia dengan 4.012 kematian sesuai data dari WHO. Banyaknya orang yang terjangkit memunculkan kekhawatiran hewan peliharaan yang bersangkutan juga ikut terjangkit.

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

Belakangan sempat muncul berita seekor anjing jenis pomeranian yang dinyatakan positif usai ditulari pemiliknya asal Hong Kong, Chow Hau Yee, yang terinfeksi Covid-19.

Verifikasi Fakta

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Mengutip VIVA.co.id dari laman Daily Star, anjing pomeranian tersebut dinyatakan positif Covid-19 tapi dengan status cenderung lemah. Departemen Pertanian, Perikanan, dan Konservasi Hong Kong juga menyebutkan anjing tersebut tak menunjukkan gejala yang relevan.

"Belum ada bukti pasti bahwa binatang peliharaan itu terinfeksi Covid-19 atau dapat menjadi sumber infeksi pada manusia," begitu pernyataan resmi dari pemerintah setempat.

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

Lebih lanjut, mengutip laman WHO, disebutkan hingga kini belum ada kejadian hewan peliharaan seperti anjing dan kucing dapat terinfeksi Covid-19. Meski begitu, WHO menyarankan agar selalu mencuci tangan dengan sabun dan air setelah melakukan kontak dengan hewan peliharaan.

Langkah cuci tangan akan melindungi dari berbagai jenis bakteri. Di antaranya E.coli dan salmonella yang dapat melewati hewan peliharaan dan manusia.

Pada kesempatan terpisah, dokter hewan Koesharyono menjelaskan virus Corona pada anjing dan kucing tak termasuk pada grup Zoonosis. Laman WHO menjelaskan Zoonosis merupakan penyakit-penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia melalui makanan, air, dan lingkungan.

"Yang tidak pernah saya lupakan, virus corona ?pada anjing dan kucing tidak termasuk grup Zoonosis. Jadi tidak menginfeksi ke manusia," kata Koesharyono saat dihubungi VIVAnews, Rabu 11 Maret 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya