Deretan Menteri Jokowi yang Disebut Suspect Corona, Cek Faktanya

Jokowi-Ma'ruf bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA – Setelah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dikonfirmasi positif Covid-19, para menteri kabinet Indonesia diminta segera melakukan tes. Pasalnya, dalam aktivitasnya, mereka kerap bertemu dan berjumpa dalam rapat kabinet. Sejumlah menteri pun sempat dikabarkan suspect Corona. 

Sidang Sengketa Hasil Pilpres 2024 Rampung, MK: Enggak Mungkin Kita Undang Banyak Pihak

Para menteri satu persatu mulai memberikan penjelasan soal kondisi kesehatan mereka. Berikut kondisi kesehatan para menteri yang sempat disebut-sebut positif dan suspect corona:

1. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Hakim Saldi Isra: Keterangan 4 Menteri Jokowi Bisa Bantu MK Putuskan Sengketa Pilpres

Wakil Kepala RSPAD Gatot Subroto, Albertinus Budi Sulistya mengonfirmasi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif Covid-19. Ia tercatat sebagai kasus 76. 

Lalu, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, juga memastikan Budi terinfeksi virus ini. Keluarga telah mengizinkan pemberitahuan soal status ini.

Respons Menteri-menteri Jokowi soal Program Makan Siang Gratis Prabowo-GIbran

"Keterlibatan Beliau luar biasa untuk penanganan dampak ini. Saya dapat laporan dari Pak Menkes dan kesehatan Beliau semakin membaik, semoga Beliau semakin sehat," kata Pratikno.

2. Menteri Keuangan Sri Mulyani

Sri Mulyani telah mengumumkan soal kondisi kesehatannya terkini melalui akun resmi instagramnya @smindrawati. Ia memastikan dirinya sehat.

"Saya, alhamdulillah tetap sehat dan terus melakukan tugas sebagai Menkeu secara penuh," kata Sri.

Pada akhir pekan lalu Sri juga masih bekerja penuh dan rapat koordinasi melalui konferensi video dengan jajaran kemenkeu. Di antaranya rapat merumuskan rapat soal kebijakan keuangan terkait Covid-19.

"Untuk merumuskan kebijakan dan langkah-langlah APBN dan keuangan negara, dalam menangani penyebaran virus corona (Covid-19)," katanya.

3. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono sempat dikabarkan positif terinfeksi Covid-19. Tapi kabar tersebut langsung dibantah Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja, yang menyebut Basuki sehat.

"Kemarin saya berkomunikasi dengan Beliau dari pagi sampai malam untuk berbagai urusan pekerjaan. Beliau ada di rumah dinas, insya Allah dalam keadaan sehat walafiat," kata Endra.

4. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Kebudayaan, Muhadjir Effendy juga disebut sempat diketahui dirawat di RSCM Jakarta. Itu pun diklaim tak ada kaitannya dengan Covid-19. 

Meski begitu, ia tak membantah telah melakukan tes corona pada Minggu, 15 Maret 2020. Hasilnya akan keluar dalam satu atau dua hari. "Katanya satu dua hari lagi," kata Muhadjir.

4. Menteri Bappenas Suharso Monoarfa

Kabar Suharso terpapar Covid-19 dan sedang mengisolasi diri dibantah pihak Bappenas. Mereka memastikan Suharso sehat dan tak menunjukkan gejala Covid-19.

VIVAnews memantau instagram Suharso yang terverifikasi @suharsomonoarfa. Ia mengaku memang telah memeriksakan dirinya terkait virus ini karena pernah melakukan perjalanan ke Bali.

"Hari ini saya melakukan beberapa kegiatan di Bali dan di tengah kegiatan saya sempat melakukan pemeriksaan sebagai antisipasi menularnya Covid-19. Saya mengimbau semua pihak untuk tidak takut memeriksa diri jika ada gejala awal terkena atau ada riwayat kontak dengan orang positif Covid-19. Mari kita semua menjaga kesehatan masing-masing," caption instagtam Suharso, Minggu, 15 Maret 2020. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya