Ariel Noah Jadi Relawan Petugas Medis Corona, Cek Faktanya

Ariel NOAH.
Sumber :
  • instagram Ariel NOAH

VIVA – Beredar foto dan video vokalis grup musik Noah, Nazril Irham atau Ariel Noah, yang diklaim menjadi relawan petugas medis di rumah sakit saat pandemi corona covid-19. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Informasi tersebut di antaranya muncul pada situs komentar.id dengan judul "Perawat Pasien Corona Histeris Ariel Noah Jadi Relawan Tenaga Medis” pada Rabu 15 April 2020. 

Video Ariel Noah memakai pakaian serbaputih seperti Alat Pelindung Diri (APD), masker dan penutup kepala medis juga muncul pada sejumlah akun youtube. Di antaranya akun youtube notifikasi mengunggah video 2 menit 6 detik. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Dalam video tersebut tampak Ariel memakai APD sambil menjadi pusat perhatian yang diklaim rumah sakit. Hanya saja akun tersebut tak mengungkapkan rumah sakitnya dan kapan hal itu terjadi. 

Akun tersebut hanya mengunggah video yang digabungkan dengan foto berjudul "Heboh, Detik-detik Ariel Noah Memakai Kostum Medis" pada 16 April 2020. Video ini hanya mengklaim Ariel mengunjungi pasien dalam keterangannya yang dikaitkan dengan pandemi corona.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Verifikasi Fakta

Setelah ditelusuri, video Ariel tersebut bukanlah momen saat menjadi relawan tenaga medis. Tapi, Ariel sedang berkunjung ke PT Cedefindo (Martha Tilaar Group) pada Desember 2019

Saat ditelusuri di youtube akun Sahabat Noah Official mengunggah video serupa pada 17 Desember 2019. Akun tersebut memberi judul unggahannya "Ariel Noah berkunjung ke PT Cedefindo langsung diterjang emak2!!" 

Foto dan video yang sama juga diunggah akun youtube Pucuk Ilmu pada 17 Desember 2019. Judul unggahannya "Ariel Noah Berkunjung ke Pabrik PT Cedefindo Martha Tilaar Group".

Untuk diketahui PT Cedef Indo merupakan perusahaan distributor kosmetik Prancis seperti Lancome, Drakkar pada 1981. Perusahaan ini berganti nama menjadi PT Cedefindo pada 1989 dan berganti lagi pada 1999 menjadi Martha Tilaar Group.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya