Hoaks atau Fakta: Bimbim Slank Ucapkan Selamat Ulang Tahun untuk PKI?

VIVA – Sebuah akun Twitter bernama @CintaNKRI08 mengunggah video yang memperlihatkan penggebuk drum grup band Slank, Bimbim, mengucapkan selamat ulang tahun. Dalam narasi penyertanya akun itu mengaitkan video Bimbim dengan komunisme dan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Sosok Ini yang Membuat Adik KH Agus Salim Tertarik Masuk Katolik

Berikut kutipan narasinya:

“Selama Dirimu Mimpin Jow @jokowi. Semua Terang Benderang Ttg Komunisme , Salah Satu Pndukung setia mu Mantan pemakai Narkoba ,ternyata Saya Tahu siapa dia sekarang ? #RakyatKompakTumpasPKI”

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim itu tidak benar. Pencarian dilakukan dengan melihat ada logo bertuliskan “Boedoet” di video dan ditemukan video serupa dari akun Boedoet 40 (@Boedoetcus). 

Sinopsis Film Kupu-Kupu Kertas, Kisah Cinta Amanda Manopo Terhalang Konflik NU dan PKI

Pada twit akun tersebut tanggal 21 Mei 2020 jam 4.30 terdapat narasi Bimbim mengucapkan ulang tahun kepada sekolah Boedi Oetomo. “Masih suasana #Boedoet112tahun. Kali ini ucapan selamat ulang tahun dari Bimbim slank,” twit akun @Boedoetcus.

Akun resmi Slank Band (@slankdotcom) mengklarifikasi isi video dan menyatakan bahwa video tersebut ucapan selamat ulang tahun dari Bimbim Slank kepada sekolah Boedi Oetomo yang ke 112.

“Kita lurusin ya guys, di video ini #Bim2x ngucapin selamat hari jadi Boedoet yang diakhiri kalimat ‘peace always.’ Coba dengerin pelan-pelan, pakai headphone biar jelas. Nggak baik nyebarin fitnah/hoax, apalagi di bulan suci,” cuit akun @slankdotcom.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka klaim narasi tidak benar dan menyesatkan. Oleh sebab itu, konten twit Twitter tersebut masuk ke dalam kategori Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.

Sumber rujukan: https://cekfakta.com/focus/3998

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya