Reza Arap Comeback di Film Kupu-Kupu Kertas: Dari Rapper Badass Jadi Bawahan Lembut!

Reza Arap di Film Kupu-kupu Kertas
Sumber :
  • Instagram

JAKARTA – Reza Oktovian atau Reza Arap kembali ke layar lebar lewat film terbaru berjudul Kupu-Kupu Kertas. Ini merupakan kali kedua Reza Arap bermain film layar lebar setelah debutnya terdahulu di tahun 2016 dalam film berjudul Modus karya sutradara Fajar Bustomi.

Rowoon Ungkap Alasan Keluar dari SF9 dan Fokus di Akting Sebagai Aktor

Di film kali ini, Reza berperan sebagai Busok yang merupakan anggota Partai Komuni Indonesia (PKI). Busok adalah pemuda desa sekaligus bawahan dari pemimpin PKI di desa tersebut yang diperankan oleh Iwa K.

Menurut Reza, mulanya ia cukup kesulitan berperan sebagai antagonis di film ini mengingat karakter itu dirasa sangat berbeda dari kehidupannya sehari-hari. Namun setelah seperempat syuting, Reza Arap mulai menyadari karakter tersebut sebenarnya punya sifat yang mirip dengan kepribadiannya sendiri.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

"Susah banget karena 180 derajat sama kehidupan asli gue. Dari kehidupan asli sampai syuting belum nemu Busok seperti apa karakternya. Akhirnya makin ke belakang makin nemu dan gue nggak akting, itu saya," kata Reza Arap, dalam konferensi pers di XXI Epicentrum, Jakarta, Senin 29 Januari 2024.

Cerita Unik Muzakki Ramdhan Tentang Menyatu dengan Reza Rahadian di Film Siksa Kubur

Di film ini, Reza Arap dipertemukan dengan dua pemeran utama yakni Chicco Kurniawan (Ihsan) dan Amanda Manopo (Ning). Untuk mendalami karakter Busok, Reza Arap juga belajar banyak hal dari kedua temannya itu hingga pergi keluar selama seminggu penuh untuk pendekatan dan proses bertukar pikiran.

"Chicco nemenin gue seminggu full, kita jalan bareng cuma buat ngajarin gue doang," kata Reza Arap.

Selain itu, Reza Arap juga meminta bantuan dari teman-teman yang lain untuk mencari refrensi bagaimana rasanya berkelahi. Mengingat ada banyak adegan sadis, di mana tokoh Busok yang berasal dari kelompok PKI menyerang habis-habisan warga golongan NU.

Reza juga meminta orang-orang di sekitarnya memperlakukan ia sebagai seorang bawahan supaya emosinya terbawa dan terbiasa saat berakting sebagai anak buah Rekoso (Iwa K).

"Gue benar-benar baca, ngapalin script, nanya sama teman-teman gue yang sering berantem, apa yang dirasain, emosinya sampai mana. Karena gue bawahannya Rekoso jadi gue minta teman-teman suruh-suruh gue dong biar ego gue pecah karena gue nggak paham caranya jadi bawahan," ujar Reza Arap.

Film Kupu-Kupu Kertas menceritakan bagaimana kehidupan masyarakat Indonesia, tepatnya di daerah Banyuwangi, saat zaman G30S PKI dahulu. Mengambil latar tahun 1965, film tersebut menyuguhkan kisah cinta di samping kejamnya kehidupan di masa itu. Film Kupu-Kupu Kertas akan tayang di bioskop pada 7 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya