Festival Homo Seksual Digelar Sebelum Corona di Italia, Cek Faktanya

Akun facebook Dara Puspita mengunggah video yang diklaim sebagai festival homoseksual
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Akun facebook Dara Puspita mengunggah video berdurasi sekitar satu menit dengan narasi video tersebut merupakan pesta terakhir festival homo seksual di Italia. Acara tersebut digelar di Italia sebelum wabah corona menghantam dengan dahsyat.

10 Aktor BL Thailand yang Mencuri Hati Penggemar: Aslinya Bukan Gay?

Video tersebut juga dikaitkan dengan zaman Nabi Luth. Berikut narasi unggahan tersebut:

"SANGAT MENGERIKAN DAN MENJIJIKAN

Terpopuler: Bomber Timnas Indonesia Setinggi Elkan Baggott, 10 Atlet NFL Ngaku Gay

Inilah Pesta terakhir yang dibuat di Italy.

Kenapa wabah Corona menyerang Italy dengan begitu dahsyat ?

10 Bintang NFL Berani Akui Orientasi Seksualnya Sebagai Gay atau Biseksual

Kenapa Allah terbalikkan bumi dizaman nabi Luth ?"

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran, cek fakta AFP dengan tool InVid-WeVerifiy ditemukan cuitan pada Februari 2020 yang menyebut video tersebut merupakam Karnaval Bahia, karnaval tahunan di negara bagian Bahia di Brazil.

Adapun lagu yang terdengar dalam video tersebut merupakan lagu karnaval populer di Brazil yaitu Minha pequena Eva yang artinya Eva saya yang kecil. Saat video diperbesar gambarnya, terlihat tulisan crocodilo pada rompi yang banyak dipakai para pengunjung.

Saat ditelusuri di google dengan kata kunci carnaval bahia crocodilo, ditemukan bloco crocodilo. Ternyata itu adalah salah satu puluhan pesta jalanan yang diselenggarakan dalam acara tahunan Karnaval Bahia atau Carnaval de Salvador mengikuti nama ibukota negara bagian tersebut.

"Tahun ini adalah tahun Piala Dunia, ini adalah karnaval!" ujar wanita yang berbicara pada pengunjung pada detik ke-19 di video.

Lalu saat dilakukan pencarian di twitter dengan kata bloco crocodilo, ditemukan cuitan yang diunggah reporter lokal bernama Alan Alves pada 11 Februari 2018. Pada cuitan tersebut diunggah konten seseorang memakai rompi crocodilo yang identik dengan video yang beredar luas tersebut.

"Kerumunan orang di Bloco Crocodilo, yang dipimpin oleh Daniela Mercury, sedang bersiap-siap untuk pembukaan parade di Barra," kata keterangan itu.

Berdasarkan penelusutan, festival tersebut diselenggarakan di Brazil pada Februari 2018, sekitar dua tahun sebelum Italia mencatat kasus corona yang pertama. Unggahan tersebut masuk dalam kategori konten yang salah.

Sumber rujukan: https://turnbackhoax.id/2020/06/27/salah-pesta-homo-seksual-di-italia-sebelum-covid-19-mewabah/

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya