Video Detik-detik Lahirnya 17 Anak Kembar, Cek Faktanya

Hoax video melahirkan 17 anak kembar
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Beredar video di Facebook yang diklaim sebagai detik-detik lahirnya 17 anak kembar.

Cek Fakta: TNI Kerahkan Ranpur Jaga Gedung Bawaslu

Berikut kutipan narasinya:

“WOW AMAZING
KUASA ALLOH DETIK DETIK LAHIRNYA 17 ANAK KEMBAR
SEMOGA YANG BELOM PUNYA ANAK DI SEGERAKAN AAMIN
BAGIKAN BIAR BANYAK YANG TAU
KEAJAIBAN ITU ADA BAGI YANG PERCAYA”

Isu Kandungan Bromat di Le Minerale Dicap Kominfo Hoax, Manajemen Kasih Penjelasan

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir cekfakta.com, diketahui bahwa video tersebut merupakan hasil suntingan dari sejumlah gambar dan video. Cuplikan pertama, yakni gambar wanita dengan perut besar bukan foto wanita hamil, melainkan foto Mercedes Talamantes, wanita pengidap tumor ovarium seberat kurang lebih 60 kilogram.

Risiko Serius pada Ibu yang Hamil Anak Kembar, dari Preeklamsia hingga Kematian Pada Janin

Cuplikan kedua merupakan foto lahirnya 11 anak pada tanggal 11 November 2011 (11/11/2011) dari ibu yang berbeda. Cuplikan ketiga, keempat, dan kelima merupakan foto dari Nadya Suleman, wanita pemegang rekor melahirkan delapan bayi kembar dalam sekali persalinan.

Setelah ditelusuri, isu seorang wanita melahirkan hingga 17 anak tersebut berasal dari portal satire World News Daily Report. Artikel dari portal tersebut tidak berasal dari fakta karena portal tersebut merupakan portal satire.

Selain itu, isu serupa sudah pernah diperiksa faktanya dengan judul “[SALAH] Seorang Ibu Lahirkan 18 Bayi Kembar” pada September 2019. Hingga kini, pemegang rekor melahirkan anak terbanyak dalam sekali proses persalinan masih dipegang oleh Nadya Suleman.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten video itu tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Manipulated Content atau Konten yang dimanipulasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya