'Breaking News: Megawati Mundur dari Ketua Umum PDIP', Cek Faktanya

Hoax breaking news Megawati mundur dari ketua umum PDIP
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Beredar informasi menyebutkan Megawati Soekarnoputri mundur dari jabatan ketua umum PDI Perjuangan, dengan tangkapan layar breaking news berlogo tvOne.

Anies Baswedan Sebut Tinggal Tunggu Waktu Jusuf Kalla dan Megawati Ketemu

Berikut narasinya:

“Disaat_umat_ISLAM_lagi_gencar_menyerang_Moncong_Putih,_tiba-tiba_Megawati_mengundurkan_diri_dari_Ketua_Umum_PDIP… Ada ya dengan mbak mega….”

Cek Fakta: TNI Kerahkan Ranpur Jaga Gedung Bawaslu

“Breaking News: Megawati Mengundurkan Diri Dari Ketua Umum PDIP” dan logo tvOne.

Hasil Cek Fakta

Isu Kandungan Bromat di Le Minerale Dicap Kominfo Hoax, Manajemen Kasih Penjelasan

Dilansir cekfakta.com, berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom, klaim bahwa di saat umat Islam sedang gencar menyerang PDIP, tiba-tiba Megawati mengundurkan diri dari jabatan ketua umum PDIP adalah klaim yang salah.

Faktanya, video berita yang berasal dari tvOne itu adalah video tahun 2018. Di video berita itu tidak disebutkan bahwa Megawati resmi mengundurkan diri dari jabatan ketum PDIP. Megawati hanya ingin mundur dari posisinya sebagai ketum PDIP lantaran persoalan usia.

Video berita ini diunggah di kanal Youtube tvOneNews pada 16 November 2018 diberi judul “Megawati Minta Mundur dari Ketum PDIP”.

“Kalau dilihat-lihat, perjalanan politik saya sudah cukup lama. Saya menjadi ketua umum partai dan sekarang paling senior. Sudah sekian lama belum diganti-ganti, padahal saya sudah berharap untuk diganti karena akibat umur saya yang +17, tapi hari ini pun malah ditambahi tugas untuk pembinaan ideologi Pancasila,” kata Megawati seperti yang tampak pada video.

Namun hingga kini, Megawati masih menjabat sebagai ketum PDIP periode 2019-2024. Ia terpilih secara aklamasi dan dikukuhkan dalam Kongres V PDIP di Bali pada awal Agustus 2019. Pengukuhan Megawati sebagai ketum PDIP dilakukan secara tertutup. Padahal, agenda tersebut mulanya direncanakan terbuka bagi umum. Megawati pun sempat meminta maaf.

“Sekali lagi saya mohon maaf ini tak ada maksud tertentu. Hanya karena mungkin peserta rapel dari pagi sampai malam sehingga tentu masih ada rasa lelah. Demikian,” kata Megawati seperti dilansir Medcom.id, Kamis, 8 Agustus 2019.

Kesimpulan

Video tahun 2018. Di video berita itu tidak disebutkan bahwa Megawati resmi mengundurkan diri dari jabatan ketum PDIP. Megawati hanya ingin mundur dari posisinya sebagai Ketum PDIP lantaran persoalan usia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya