MUI Larang Penggunaan Vaksin Asal China, Cek Faktanya

Hoax MUI larang vaksin asal China
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Beredar narasi dari media sosial Facebook mengenai larangan menggunakan vaksin COVID-19 yang berasal dari Tiongkok. 

Terpopuler: Hoax soal Guinea dan Doping Uzbekistan

Akun Facebook Hemayani dalam narasinya menyebutkan, “LBP mo Vaksinasi 100jt rakyat Pribumi RI dg COVID China. MUI sdh larang Vaksin tsb, maka umat Islam Haram ikut2an vaksin. GUE NO.”

Penjelasan

Uang Haram Potong Insentif di Pemkab Sidoarjo Diserahkan Anak Buah Gus Muhdlor lewat Sopir

Melalui proses periksa fakta dari media pencarian Google, dilansir turnbackhoax.id, tidak ditemukan satu berita pun tentang fatwa larangan MUI terkait penggunaan vaksin COVID-19.

Dilansir dari tempo.co, Anwar selaku Sekretaris Jendral Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengatakan bahwa sampai saat ini MUI belum membahas berbagai kemungkinan soal vaksin COVID-19. Sebab, vaksin corona juga masih dalam tahap uji klinis alias belum ditemukan. Hingga saat ini MUI, kata dia, juga belum ada permintaan dari pemerintah terkait pengecekan vaksin COVID-19.

Cek Fakta: Pertandingan Timnas Indonesia vs Uzbekistan Diulang karena Wasit Curang

Kesimpulan

Narasi mengenai MUI melarang penggunaan vaksin COVID-19 dari Cina adalah hoaks dengan kategori misleading content, atau konten yang digunakan untuk mengecoh masyarakat.

Richard Lee

Sempat Ungkap Kliniknya Kemalingan Ternyata Hoax, dr. Richard Lee Dilaporkan ke Polisi

Akibat insiden tersebut, Richard Lee dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024