Kondom Mengandung Zam-zam Halal dari MUI, Cek Faktanya

Hoax kondom halal
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Akun Facebook bernama Hertina Mustika Wati membagikan sebuah foto yang dibarengi dengan keterangan bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menerbitkan sertifikasi halal untuk sebuah produk kondom. Unggahan tersebut dibagikan pada 7 Desember 2020 di laman grup Facebook “MANUSIA MERDEKA”.

Awas Hoaks, Ayu Dewi Tegaskan Gak Pernah Jadi MC Peluncuran Jet Pribadi Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Narasinya:

“KONDOM HALAL, MENGANDUNG AIR ZAM-ZAM. DIJAMIN BAROKAH, M* PUN BEBAS GODAAN SYETAN. SUDAH HALAL MUI.”

Indonesia and Uruguay Explore Cooperation in Halal Products

Penjelasan

Coba melakukan penelusuran lebih lanjut, dilansir turnbackhoax.id, diketahui bahwa klaim MUI memberikan sertifikasi halal untuk kondom adalah tidak berdasar. MUI melalui Wakil Direktur LPPOM Muti Arintawati menegaskan bahwa MUI tidak pernah mengeluarkan sertifikasi halal untuk kondom.

Uruguay dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal

“Pernah ada yang berniat mengajukan tapi dari awal sudah ditolak oleh Komisi Fatwa dan dikategorikan produk yang tidak perlu disertifikasi halal,” tegas Muti.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa logo halal yang terdapat pada foto yang diunggah oleh akun Facebook Hertina Mustika Wati bukan logo halal yang dikeluarkan oleh MUI.

“Dari gambar di atas hanya disebut certified halal tapi tidak jelas dari lembaga mana,” jelasnya.

Pencarian juga berlanjut menggunakan mesin pencari gambar milik google, dan ditemukan gambar serupa yang diunggah di laman thinkatheist.com sejak 26 Juni 2011. Unggahan tersebut tidak diberi keterangan lebih lanjut selain menyebut bahwa kondom halal yang terdapat dalam foto bisa menjauhkan seseorang dari setan.

Kesimpulan

Berdasarkan dari seluruh referensi, unggahan akun Facebook Hertina Mustika Wati terkait MUI memberikan sertifikasi halal untuk kondom adalah tidak berdasar dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya