Cek Fakta: Video Jokowi Mengatakan Berminat Jadi Presiden Tiga Periode

Tangkapan layar (screenshot) akun Tiktok yang mengunggah video yang menampilkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan klaim bahwa Jokowi berminat menjadi presiden selama tiga periode.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Tiktok s.ha.11 mengunggah sebuah video berdurasi 15 detik yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo mengatakan berminat menjadi presiden selama tiga periode.

Peluncuran Starlink akan Dilakukan Elon Musk Bersama Jokowi di Puskesmas

“lanjut 3 periode pak Jokowi, kami siap mengawal,”

audio dalam video:

RI Perlu Berdiri Teguh, Tidak Berkompromi dengan Vietnam

“saya tegaskan saya berminat menjadi presiden 3 periode”

HASIL CEK FAKTA

Tiba di Bali Hari Ini, Elon Musk Bakal Luncurkan Starlink hingga Bertemu Jokowi 

Berdasarkan hasil penelusuran, video di Tiktok merupakan video potongan dari video berjudul “Penyambutan Presiden RI dan Penyematan Baju Adat di Nias” di kanal Youtube Kementerian Sekretariat Negara RI. Dalam video yang diunggah pada 19 Agustus 2016 itu Jokowi tidak mengatakan perihal minatnya untuk menjadi presiden selama tiga periode. Jokowi membahas sejumlah permasalahan di Nias dan solusi-solusinya, salah satunya tentang listrik.

Mengenai jabatan tiga periode, Jokowi mengaskan tidak berniat dan berminat untuk menjadi presiden selama periode. Informasi itu didapatkan dari salah satu video berjudul “Jokowi Soal Jabatan Presiden 3 Periode: Saya Tidak Ada Niat, Tidak juga Berminat..” yang diunggah 15 Maret 2021 dikanal Youtube KOMPASTV.

Dengan demikian video Jokowi mengatakan berminat menjadi presiden selama periode tidak benar. Video itu merupakan hasil manipulasi dan dalam video asli Jokowi tidak membahas tentang jabatan presiden tiga periode melainkan permasalahan dan solusi untuk Nias. Dengan demikian, informasi itu terkategori konten yang dimanipulasi.

KESIMPULAN

Video itu tidak benar. Faktanya, video itu merupakan hasil manipulasi dan dalam video asli Jokowi tidak membahas tentang jabatan presiden tiga periode melainkan permasalahan dan solusi di Nias.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9248

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya