Cek Fakta: Panglima TNI Panggil ART Sambo untuk Buktikan Ruang Rahasia

Jepretan layar sebuah video di Facebook yang mengklaim bahwa Panglima TNI memanggil tukang rumah atau ART Ferdy Sambo, Susi, soal ruangan rahasia istri Ferdy Sambo.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA Politik – Beredar sebuah video di Facebook yang mengklaim bahwa Panglima TNI Andika Perkasa memanggil tukang rumah atau ART Ferdy Sambo, Susi, untuk memeriksa kebenaran pernyataannya terkait ruangan rahasia milik PC, istri Ferdy Sambo.

Wakasal Laksdya TNI Erwin Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI AU

Narasi pada thumbnail video tersebut mengklaim bahwa setelah Panglima TNI memeriksa Susi ternyata terkait ruangan rahasia tersebut tidak bohong.

Berikut ini narasinya:

5 Sosok Jenderal Bintang 1 yang Dilantik Panglima TNI Jadi Kasdam, Ada eks Kadispenad

“Baru Saja Tni Andika Perkasa Panggil Tukang Rumah Sambo Ajak Susi Buktikan Ruang Rahasia Pc” “TNI ANDIKA PERKASA PANGGIL TUKANG RUMAH SAMBO. CEK OMONGAN SUSI EKS ART, TERNYATA SUSI GAK BOHONG.”

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, tidak ada sumber pemberitaan yang valid terkait kabar pemanggilan ART Ferdy Sambo oleh Panglima TNI untuk diperiksa terkait kebenaran dan pembuktian ruangan rahasia milik PC, istri Ferdy Sambo. Selain itu, bukan ranah TNI untuk menangani kasus Ferdy Sambo ini.

Top Trending: Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Hingga Habib Bahar Gombalin Pelayan Restoran

Narator dalam video tersebut hanya menjelaskan dan membaca ulang artikel berita yang dipublikasi oleh Suara.com terkait fakta-fakta mengerikan ruangan rahasia milik PC yang diungkapkan wanita yang bernama Susi yang sempat viral dibagikan di TikTok.

Dilansir dari Cekfakta.com yang mengutip Kompas.com, narator dalam video tersebut tidak menjelaskan fakta terkait pemanggilan Susi oleh Panglima TNI, namun lebih banyak menjelaskan tentang beredarnya pengakuan dari asisten rumah tangga Ferdy Sambo bernama Susi yang belakangan beredar di media sosial sama seperti pada artikel yang dipublikasi Suara.com.

Selain itu, melalui tvonenews.com, Humas Polri sudah mengkonfirmasi bahwa video wanita yang diduga mantan ART Ferdy Sambo dan PC beserta pernyataannya merupakan hoax dan tidak sesuai dengan temuan di lapangan.

Hasil penelusuran gambar terkait foto Panglima TNI dalam video tersebut merupakan foto yang di luar dari konteks informasi yang diberikan, foto tersebut dipublikasi oleh Detik.com dari tangkapan layar YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa ketika memimpin rapat tentang kasus penganiayaan anggota TNI terhadap sekuriti.

Dengan demikian, klaim Panglima TNI Panggil ART Ferdy Sambo untuk Membuktikan Ruang Rahasia PC merupakan hoaks dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

Klaim tersebut salah, faktanya tidak ada sumber yang valid terkait pemanggilan ART Ferdy Sambo oleh Panglima TNI Andika Perkasa mengetahui ruangan rahasia milik PC, istri Ferdy Sambo. Selain itu, Polri sudah memastikan bahwa ruang rahasia itu tidak benar. Dalam video tersebut tidak ada narasi yang menyebutkan bahwa Panglima TNI memanggil ART Ferdy Sambo untuk diperiksa.

Sumber: https://cekfakta.com/focus/10573

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya