Mahasiswa Beri Kuliah ke Penguasa, Reformasi dalam Bahaya

Sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi berunjuk rasa di gedung DPR RI
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA –  Aksi demo mahasiswa di berbagai daerah termasuk Jakarta menyedot perhatian publik. Namun, masih ada informasi yang menarik terkait penangkapan tiga perempuan warga negara Indonesia (WNI) oleh otoritas Singapura.

Prabowo Soroti UKT Makin Mahal, Haris Moti: Sejalan dengan Tuntutan Gerakan Mahasiswa

Penangkapan tiga WNI ini oleh pihak berwenang Singapura di Penjara Changi menjadi artikel terpopuler di laman VIVAnews sepanjang Selasa, 24 September 2019.

Gelombang aksi mahasiswa turun jalan mahasiswa berlanjut pada Selasa kemarin, 24 September 2019. Reformasi dinilai dalam bahaya dengan gerakan serentak mahasiswa ini. Artikel terkait hal tersebut masuk deretan terpopuler.

Cara AMANAH Bangkitkan Kreativitas Anak Muda Aceh

Masih dari aksi mahasiswa yang ikut menarik perhatian dari pengamat sosial politik Rocky Gerung. Bagi dia, aksi mahasiswa sekarang ini justru sedang memberikan kuliah kepada rezim kekuasaan.

Selain deretan terpopuler, ada artikel dengan isu penting lainnya di VIVAnews. Misalnya seperti perkembangan kerusuhan di Papua. Kemudian, ada kisah menyentuh dari seorang Tenaga Kerja Indonesia yang meraih gelar sarjana di Korea Selatan.

Mahasiswi UINSA Tewas Terlindas Mobil Saat Kejar Penjambret

Berikut rangkuman berita terpopuler dan penting lainnya yang dirangkum dalam Round-Up:

1. Tiga WNI Perempuan Ditangkap Singapura, Ditahan di Changi

Tiga perempuan warga negara Indonesia (WNI) yang diduga terlibat dalam kegiatan terorisme, ditahan pihak berwenang Singapura di Penjara Changi. Hal ini dikonfirmasi oleh Kedutaan Besar RI (KBRI) di Singapura.

Polisi menyita 155 buku tulis bersampul pemimpin ISIS beberapa waktu lalu.

Mereka diduga terlibat dalam kegiatan radikal, termasuk ikut mengirimkan sejumlah uang untuk mendukung kegiatan radikal tersebut. Baca selengkapnya di sini.

2. Reformasi dalam Bahaya, Mahasiswa Bergerak Serentak

Gelombang protes mahasiswa serentak di berbagai daerah dinilai menandakan reformasi dalam bahaya. Aksi mereka memprotes UU KPK serta sejumlah RUU yang meresahkan menjadi alasannya.

Pengesahan revisi UU KPK menjadi salah satu pemicu para mahasiswa bergerak. Revisi UU KPK dinilai akan mengibiri lembaga anti rasuah tersebut. Baca selengkapnya di sini.

3. Rocky Gerung: Mahasiswa Sedang Memberi Kuliah pada Kekuasaan

Pengamat sosial politik Rocky Gerung menyindir pemerintahan Joko Widodo. Ia menyebut batal memberikan kuliah di kampus karena mahasiswa sedang turun ke jalan melakukan demonstrasi.

Pakar filsafat dan politik, Rocky Gerung dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan berita bohong dengan terdakwa Ratna Sarumpaet.

"Maaf, saya batal memberi kuliah di sejumlah kampus, karena mahasiswa sedang memberi kuliah pada kekuasaan," demikian cuitan Rocky dikutip dari akun Twitternya, @rockygerung, Selasa, 24 September 2019. Yuk, baca lagi di sini.

4. Kisah Perjuangan TKI Raih Gelar Sarjana Terbaik di Negeri Ginseng

Ada kisah menarik dari Seoul, Korea Selatan dengan keberhasilan Eko Purwanto, TKI yang menjadi sarjana. Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang melampaui 3,3 mengantarkannya menjadi wisudawan terbaik.

Perjuangan seorang Eko, pantas mendapatkan pujian. Di tengah beratnya rutinitasnya, tapi Eko berhasil dalam bidang akademisi. Baca lagi yang lengkap di sini.

5. Korban Kerusuhan di Wamena Bertambah Jadi 18 Orang Meninggal

Korban meninggal sementara akibat kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua bertambah dari 17 orang menjadi 18 orang. Korban itu terdata di RSUD Wamena. Selain Wamena, kerusuhan di Bumi Cendrawasih juga terjadi di Jayapura, Papua.

Bangunan dibakar massa saat terjadi kerusuhan di Wamena, Papua.

"Korban luka kena parang, panah dan kebakaran ada 64 orang yang saat ini masih dalam penanganan medis di RSUD Wamena," ujar Komandan Komando Distrik Militer 1702/Jayawijaya Letkol Inf Candra Diyanto dalam wawancara dengan tvOne, Selasa, 24 September 2019 pagi. Baca selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya