TKA China Masuk Kendari, Pemerintah Bobol atau Sengaja?

TKA China dilarang keluar dari Sulteng.
Sumber :
  • Abdullah Haman/VIVAnews.

VIVA – Viral video datangnya 49 Tenaga Kerja Asing (TKA) di Kendari, Sulawesi Tenggara melalui Bandara Halu Oleo. Mereka dituding datang dari China dan positif Covid-19.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Pihak Imigrasi membenarkan mereka datang dari China untuk uji coba kemampuan bekerja. KBRI Beijing dilaporkan telah menerbitkan visa kunjungan B211 yang berlaku 60 hari pada 14 Januari 2020. 

Mereka sempat singgah di Thailand pada 29 Februari 2020 yang dikonfirmasi perwakilan RI di Bangkok, Thailand. Lalu 15 Maret 2020 mereka terbang ke Jakarta.

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

Berita terkait ini mengundang perhatian pembaca VIVAnews. Berikut berita seputar TKA China yang masuk ke Kendari:

1. TKA China singgah ke Thailand sebelum ke Indonesia

Gawat, Ratusan Kucing di Pulau Siprus Meninggal Akibat Coronavirus

Ditjen Imigrasi Kemenkumham angkat bicara soal informasi berupa video kedatangan Warga Negara Tiongkok di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, melalui Bandara Halu Oleo yang beredar di media sosial. Mereka diviralkan dengan narasi video positif corona.

2. 49 TKA dikarantina

Kapolda Sulawesi Tenggara Brigadir Jenderal Polisi Merdysam menjelaskan, terkait simpang siur fakta masuknya 49 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China ke Kendari melalui Bandara Haluoleo pada Minggu, 15 Maret 2020 kemarin.

3. Pemerintah diminta tak istimewakan WNA China

Ketua Majelis Permusyaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo atau Bamsoet turut menyoroti perihal masuknya warga negara asing atau WNA dari China di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Bamsoet meminta agar Pemerintahan Jokowi tak menyepelekan hal ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya