Bansos Dikubur, Asal Usul Gus Samsudin hingga Pelosi Kunjungi Taiwan

Lokasi puluhan karung beras bansos terkubur di Depok
Sumber :
  • VIVA/Ridwan Putra

VIVA Round Up – Penyidikan kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J masih terus bergulir.

Cara Pos Indonesia Salurkan Bansos ke Keluarga Penerima Manfaat

Di sisi lain, kuasa hukum istri Kadiv Propam nonaktif Irjen Ferdy Sambo, Arman Hanis mempertanyakan perkembangan kasus dugaan tindak pidana pelecehan seksual yang diduga dilakukan Brigadir J terhadap kliennya.

Arman bersama timnya mendatangi Bareskrim Polri, Selasa, 2 Agustus 2022, untuk menanyakan perkembangan laporan kliennya itu. Dia meminta agar laporan tersebut bisa ditindaklanjuti segera.

Target 4 Juta KPM, Penyaluran Bansos Pos Indonesia Sudah 97 Persen

Berita terkait laporan kasus dugaan pelecehan seksual tersebut menjadi berita terpopuler di kanal News VIVA, Rabu, 3 Agustus 2022.

Selain itu, berita tentang bantuan sosial (bansos) dikubur di Depok juga menarik perhatian pembaca. Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan, temuan bansos tersebut merupakan tanggung jawab dari JNE sebagai transporter pengiriman bantuan beras itu.

Pos Indonesia Bakal Salurkan Bansos-PKH Buat 44.476 Keluarga Penerima Manfaat di Bali

Mensos Tri Rismaharini dan Irjen Kemensos Dadang Iskandar

Photo :
  • VIVA/Riyan Rizki

Tak hanya dua berita tersebut, sejumlah berita lainnya juga menjadi berita terpopuler di kanal News VIVA, Rabu, 3 Agustus 2022. Berikut ini lima di antaranya yang VIVA rangkum dalam tulisan round up:

1. 6 Fakta Laporan Pelecehan Seks Istri Sambo yang Tak Dilirik Bareskrim

Kuasa hukum istri Irjen Ferdy Sambo, Arman Hanis bersama timnya mendatangi Bareskrim Polri pada Selasa siang 2 Agustus 2022 kemarin. 

Kedatangannya untuk mengirimkan surat kepada Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi untuk menanyakan perkembangan laporan kliennya terkait kasus dugaan tindak pidana pelecehan seksual yang diduga dilakukan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat. 

Gedung Bareskrim Mabes Polri. (Ilustrasi)

Photo :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah.

Arman menjelaskan, dua kasus yang ditangani oleh Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Selatan telah ditarik penanganannya ke Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

“Berdasarkan informasi yang kami terima, Dirtipidum sudah menangani laporan terkait pencabulan maupun ancaman dari klien kami. Jadi kami minta itu bisa ditindaklanjuti segera,” kata dia. Baca berita selengkapnya di sini.

2. Mensos Risma Sebut Bansos Rusak Dikubur di Depok Tanggung Jawab JNE

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini alias Risma mengatakan bahwa temuan bansos di Depok merupakan tanggung jawab dari transporter yang mana dalam hal ini adalah pihak JNE. 

Hal tersebut diketahui usai Mensos Risma berkordinasi dengan Menteri PMK Muhadjir Effendy terkait temuan bansos yang tertimbun.

“Pak Menko menyampaikan bahwa saat itu pengiriman bantuan beras itu dilakukan oleh Bulog. Nah, kemudian di perjalanan itu pengirim bantuan itu barangnya itu kehujanan,” kata Risma kepada wartawan, di Kemensos, Selasa 2 Agustus 2022. Baca berita selengkapnya di sini.

3. Polisi Bongkar Asal Usul Gus Samsudin

Bermula dari berseteru di media sosial, gesekan pun terjadi antara pihak Samsudin atau Gus Samsudin dengan Marcel Radhival atau Pesulap Merah di dekat Padepokan Nur Dzat Sejati di Desa Rejowinangun, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, akhir pekan lalu. Tak ingin konflik meluas dan besar, Forkopimda setempat pun menggelar rapat bersama tokoh masyarakat lintas organisasi. 

Dari pertemuan yang juga dihadiri Samsudin dan pengacaranya itulah asal-usul si ahli pengobatan tradisional tersebut terungkap. “Yang bersangkutan (Samsudin) asalnya dari Lampung,” kata Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Blitar Inspektur Polisi Satu Udiono dihubungi VIVA pada Rabu, 3 Agustus 2022.

Padepokan Nur Dzat Sejati milik Gus Samsudin di Blitar, Jawa Timur

Photo :
  • tvonenews.com

Berdasarkan pengakuan Samsudin di forum, Udiono menjelaskan bahwa Samsudin pernah belajar di sebuah pondok pesantren di Kabupaten Cepu, Jawa Tengah. Setelah itu, Samsudin mengadu nasib sebagai tukang rosok dan tinggal di Kabupaten Kademangan, Blitar. “Di Kademangan dia itu awal mulanya kerja di rosok (tukang rosok),” ujarnya. Baca berita selengkapnya di sini.

4. Terkuak, Tragedi Penembakan Brigadir J Cuma Berlangsung 2 Menit

Kuasa hukum Bhayangkara Dua (Bharada) Richard Eliezer atau Bharada E, Andreas Nahot Silitonga mengatakan jika aksi tembak menembak yang menewaskan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J yang terjadi di rumah dinas Kadiv propam nonaktif Irjen Ferdy Sambo pada 8 Juli 2022 lalu berlangsung sangat cepat. 

"Pada saat tembak menembak itu tidak lebih dari 2 menit" ujar Andreas dalam diskusi di tvOne yang dikutip VIVA, Rabu 3 Agustus 2022.

Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J

Photo :
  • tvone

Pernyataan Andreas ini disampaikan berdasarkan keterangan Bharada Eliezer kepada tim kuasa hukumnya. Eliezer juga menjelaskan kronologi detik-detik terjadinya penembakan itu hingga akhirnya Brigadir J tewas. Namun Andreas tidak mau membuka banyak hal ini lantaran sudah masuk proses penyidikan dan takut dianggap melanggar etik profesi. Baca berita selengkapnya di sini.

5. China Marah sampai Ubun-ubun Begitu Nancy Pelosi Injak Taiwan

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi akhirnya pada Selasa malam mendarat di Taiwan. Hal itu terjadi di tengah memanasnya hubungan AS dan Bejing mengenai rencana kunjungannya itu sejak awal.

Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, tiba ke Taiwan, Selasa malam 2 Agustus 2022.

Photo :
  • Dok. Kementerian Luar Negeri Taiwan.

Segera Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China mengeluarkan pernyataan tentang kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke wilayah Taiwan.

Beijing mengungkapkan bahwa AS mengabaikan peringatan serius dari pihaknya dan kunjungan Pelosi ke Taiwan merupakan sebuah pelanggaran. Baca berita selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya