Jenderal Rela Mundur, 5 Pamen Ditahan dan Deolipa Dicap Tak Manut

Menko Polhukam Mahfud MD usai menerima kedatangan ayah Brigadir J.
Menko Polhukam Mahfud MD usai menerima kedatangan ayah Brigadir J.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rahmat Fatahillah Ilham

VIVA Round Up – Berita terpopuler kanal News di VIVA sepanjang hari Minggu, 14 Agustus 2022 diwarnai dengan sejumlah berita penting dan amat menarik. Berita  Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan ada sosok jenderal bintang 3 Polri yang rela mundur dari jabatannya jika Irjen Ferdy Sambo tak jadi tersangka jadi berita paling banyak dibaca. Kemudian ada juga berita tentang lima perwira menengah (pamen) yang diduga melakukan pelanggaran etik dalam kasus kematian Brigadir J.

Jangan ketinggalan, langsung klik berita yang bertabur pembaca dalam Round Up berikut.

1. Jenderal Bintang 3 Rela Mundur Jika Kapolri Tak Tetapkan Sambo TSK

Kapolri umumkan Irjen Ferdy Sambo tersangka

Kapolri umumkan Irjen Ferdy Sambo tersangka

Photo :
  • VIVA / Rahmat Fatahillah Ilham

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan ada sosok jenderal bintang 3 Polri yang rela mundur dari jabatannya jika Kapolri Jenderal Listyo Sigit tak tetapkan Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. "Saya tahu ada seorang jenderal bintang 3 yang datang (ke Kapolri), ucapannya begini: Kalau Bapak (Kapolri) tidak mau laporan ini dan segera tersangkakan (Ferdy Sambo) besok pagi saya mundur," ujar Mahfud dalam acara ILC yang dikutip pada Minggu 14 Agustus 2022.

Baca ulasannya di tautan berikut.

2. Polda Metro Jaya Bicara Nasib 5 Pamen Ditahan karena Kasus Sambo

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Polda Metro Jaya menunggu hasil penyelidikan tim Inspektorat Khusus (Itsus) Mabes Polri terkait penahanan lima perwira menengah (pamen) anggotanya karena diduga melakukan pelanggaran etik dalam kasus kematian Brigadir J. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Jakarta, Sabtu, mengatakan hasil penyelidikan tim Itsus menjadi pedoman dalam menentukan langkah selanjutnya terhadap empat pamen tersebut.

Baca berita lengkapnya di tautan ini.

3. Deolipa Ungkap WhatsApp Jenderal yang Kesal Dirinya Tak Manut

Deolipa mantan pengacara Bharada Richard Eliezer Pudihang alias Bharada E

Deolipa mantan pengacara Bharada Richard Eliezer Pudihang alias Bharada E

Photo :
  • VIVA/Ridwan Putra

Deolipa Yumara membeberkan kejanggalan-kejanggalan seputar pemecatan dirinya sebagai pengacara Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E. Bermula disebut dari tangkapan layar percakapan antara seseorang dengan jenderal polisi di Bareskrim Polri.

Berita lanjutannya klik tautan ini.

4. 17 Daftar Nama Penasihat Kapolri, Ada Fahmi Alamsyah dan Refly Harun

Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun

Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun

Photo :
  • VIVA/Dhana Kencana

Penasihat Ahli Kapolri Bidang Komunikasi Publik, Fahmi Alamsyah dikabarkan mengundurkan diri dari jabatannya setelah terseret dalam pusaran kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang melibatkan mantan Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo.  

Surat pengunduran diri Fahmi Alamsyah yang merupakan Penasihat Ahli Kapolri Bidang Komunikasi Publik disampaikan kepada Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Selasa 9 Agustus 2022. Di hari yang sama, Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J. 
Untuk tahu lengkapnya ada di link berikut.

5. Ini Solusi Imigrasi Kemenkumham Usai Banyak Paspor WNI Ditolak Jerman

Desain paspor baru tanpa kolom tanda tangan

Desain paspor baru tanpa kolom tanda tangan

Photo :
  • Facebook Dirjen Imigrasi

Direktorat Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi (Kemenkumham) mengungkapkan bahwa pemegang paspor tanpa kolom tanda tangan dan ingin bepergian ke negara Jerman dapat mengajukan pengesahan tanda tangan ke kantor imigrasi. 

"Bagi WNI dengan paspor tanpa kolom tanda tangan dan ingin bepergian ke Jerman dan sekitarnya dapat melakukan endorsement tanda tangan," ungkap Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Ditjen Imigrasi Kemenkumham Amran Aris dikutip dari tvOnenews, Minggu, 14 Agustus 2022.

Baca tautan lengkapnya di sini.