Berikut Rukun Iman dan Rukun Islam Yang Wajib Kita Amalkan

Ilustrasi ramadhan/masjid.
Sumber :
  • Freepik/wirestock

VIVA – Dalam hadits riwayat Imam al-Bukhari dari Abu Hurairah pada Kitab Iman dijelaskan soal pengertian Iman sebagaimana dijelaskan Rasulullah SAW. Diceritakan pada suatu hari para sahabat melihat Nabi Muhammad SAW. Salah seorang sahabat kemudian mendatangi putra Abdullah bin Abdul Mutalib tersebut, dan bertanya "Wahai Rasulullah apa iman itu?"

Ramadan, Bulan Menjaga Lisan

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Iman artinya engkau percaya kepada Allah SWT, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, dan engkau beriman kepada kebangkitan."

Muslim Tapi Sering Tinggalkan Puasa Ramadhan? Ini Kata Buya Yahya

Dikutip dari Channel YouTube Kabar Islam, dalam Islam, iman menjadi kunci utama manusia untuk tetap berada di jalan Allah SWT. Karena itu, ada rukun iman yang harus diamalkan oleh seluruh umat Muslim.

Dalam pandangan Islam, pengertian iman tersebut diwujudkan dalam rukun iman yang wajib diamalkan oleh manusia dalam kehidupannya sehari-hari. Adapun rukun iman tersebut, yaitu:

Perbedaan Bulan Ramadhan dengan Bulan Lainnya

1. Beriman kepada Allah
2. Beriman kepada malaikat-malaikat Allah
3. Beriman kepada kitab-kitab Allah
4. Beriman kepada rasul-rasul Allah
5. Beriman kepada hari akhir
6. Beriman kepada takdir bahwa baik dan buruk itu dari Allah SWT

Masih dalam hadits riwayat Imam al-Bukhari dari Abu Hurairah, setelah mendapat jawaban dari Rasulullah tentang pengertian iman sang sahabat kemudian bertanya, "Apakah Islam itu wahai Rasulullah".

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Islam itu adalah engkau beribadah kepada Allah, tidak menyekutukannya, mendirikan sholat, mengeluarkan zakat yang diwajibkan, dan berpuasa pada bulan Ramadhan."

Diriwayatkan juga dari Ibnu Umar dalam hadits Imam Al Bukhari dikutip dari Kitab Al-Lu lu wal Marjan karya Muhammad Fuad Abdul Baqi, Rasulullah SAW bersabda:

"Islam dibangun di atas lima pondasi, yaitu kesaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, haji dan puasa pada bulan Ramadhan."

Dari hadits tersebut para ulama kemudian menyebutkan ada 5 rukun Islam yang wajib kita ketahui, yakni:

1. Mengucapkan dua kalimat syahadat
2. Mendirikan Sholat
3. Mengeluarkan zakat
4. Berpuasa dalam bulan Ramadhan
5. Menunaikan ibadah haji bila mampu.

Laporan: Prima Nadia Rahayu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya