Ustaz Khalid Basalamah: Di Antara 5 Waktu Salat, Ini yang Pahalanya Paling Besar

Ustaz Khalid Basalamah
Sumber :
  • Youtube KHB

JAKARTA – Salat menjadi salah satu rukum Islam yang wajib dijalankan umat Muslim. Dalam satu hari, ada 5 waktu salat yang wajib dilakukan, yaitu Zuhur, Ashar, Magrib, Isya dan Subuh. 

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Masing-masing waktu salat memiliki keistimewaan. Bahkan, Allah SWT menjanjikan pahala besar jika kita taat menjalankannya. Saking wajibnya, banyak dalil yang diturunkan untuk rukun Islam kedua ini. Salah satunya yang berikut ini. Yuk, scroll.

"Sungguh, salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman," QS. An Nisa ayat 103. 

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

Namun meski semua waktu salat wajib dikerjakan, jika bicara soal pahala, rupanya di antara 5 waktu salat, ada satu waktu yang disebut memiliki pahala paling besar. Salat apa yang dimaksud?

Terpopuler: 5 Kota Berbiaya Hidup Termahal di Indonesia, hingga Profil Mooryati Soedibyo

"Salat Ashar yang saya tahu. Yang disepakati oleh Ulama salat Ashar," jawab Ustaz Khalid Basalamah, dikutip dari Instagram @kajian_ustaz_khalid_basalamah, Selasa 11 Juli 2023. 

Menurut sang pendakwah, pembahasan mengenai pahala salat 5 waktu dibagi menjadi tiga bagian.

"Jadi di antara lima waktu salat ini, yang paling besar (pahala) salat Ashar, kemudian datang dua setelahnya, salat Subuh dan Isya. Kemudian, datang lagi setelahnya Zuhur dan Magrib. Jadi dibagi tiga," jelasnya. 

Perintah mengenai salat Ashar, dijelaskan Ustaz Khalid, sudah tertuang dalam firman Allah SWT. 

"Kalau salat Ashar ini dalilnya firman Allah SWT. 'Jagalah lima waktu salat kalian, terutama salat pertengahan.’ Maksudnya salat Ashar," tuturnya. 

"Dan berdiri pada Allah dalam kondisi khusyuk, qonit, artinya tenang, konsentrasi, tuma'ninah, dan seterusnya," imbuh Ustaz Khalid Basalamah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya