Tinggalkan Gorengan, Coba Menu Sehat Sederhana Berbuka Puasa Ini

Bubur sumsum.
Sumber :
  • U-Report

VIVA –  Pada ramadhan kali ini, meninggalkan gorengan untuk berbuka puasa memang harus dilakukan karena kita sedang ada pada massa pandemi corona atau covid-19. Karena itu, kita perlu memilih makanan sehat untuk mempertahankan daya tahan tubuh setelah berpuasa.

Pentol Ayam Kriwil ala Chef Devina Hermawan: Takjil Buka Puasa yang Gurih dan Mudah Dibuat

Memang tidak sedikit dari kita yang sudah terbiasa berbuka puasa dengan gorengan. Juga bukan perkara mudah menggantikan kebiasaan memakan gorengan sebagai menu awal buka puasa. Tapi ketimbang dengan gorengan, ada baiknya Anda mencoba sejumlah menu berbuka puasa yang cukup mengandung gula. Makanan manis bisa memberikan tenaga yang berkurang setelah menjalani puasa.

Bila sudah bosan dengan kolak ubi atau pisang, Anda mungkin bisa mencoba membuat kolak biji salak. Meski bahan dasar takjil ini juga dari ubi, tapi proses membuatnya yang berbeda juga diharapkan dapat mengusir kejenuhan Anda saat berada di rumah karena pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Kolak biji salak dengan kandungan karbohidrat dapat membuat Anda cukup kenyang saat berbuka. Kandungan gula dan santan yang gurih jelas enak sekali saat disantap sebagai makanan pembuka. Tidak sulit mendapatkan resep makanan ini.

Biji salak.

Aneka Resep Kolang kaling Segar Cocok untuk Menu Buka Puasa

Kemudian Anda bisa mencoba membuat bubur sumsum, menu berbuka dengan kandungan gula dan karbohidrat yang cukup untuk berbuka puasa. Teksturnya yang lembut dengan citarasa gurih dari santan bersama saus gulanya, menjadikan makanan ini asik untuk berbuka puasa. Kombinasi rasanya jelas tidak kalah dari gorengan.

Tapi bila ingin tantangan yang lebih saat membuatnya, Anda bisa mencoba pancake. Masih tetap mengandung karbohidrat, tapi makanan ini juga mengandung protein untuk mengembalikan tenaga yang berkurangan dari tubuh kita. Pancake Coklat tentunya bisa ada coba, dan tidak sulit mendapatkan resepnya. 

Pancake.

Menu berbuka puasa yang mudah dibuat dan saat ini sedang viral melalui aplikasi TikTok adalah pie susu teflon. Cara membuatnya yang cukup mudah, banyak orang yang mencoba makanan ringan ini di rumah untuk mengusir kejenuhan saat berada di rumah karena aturan PSBB.

Pie susu.

Ayo jaga daya tahan tubuh kita selama menjalankan ibadah puasa. Jaga kebersihan agar kita terhindar dari virus corona. Update informasi Anda mengenai penanganan wabah corona dalam tautan berikut ini.

Baca juga: Biar Semangat Bangun Sahur Bisa Tiru Resep Nasi Goreng Sushi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya