Pencipta Bengawan Solo Gesang Dilarikan ke RS

VIVAnews - Gesang Martohartono atau yang lebih akrab dipanggil Gesang merupakan salah seorang maestro pencipta lagu keroncong yang cukup handal. Namun siapa sangka setelah lama tidak terdengar kabarnya, Sabtu dini hari, 16 Januari 2010 kemarin sekitar pukul 03.00 WIB masuk ke Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Solo.

Pencipta lagu Bengawan Solo yang cukup terkenal itu mengeluh sakit. Seperti diceritakan Humas PKU Muhammadiyah Solo, Bety Andriyani, Gesang masuk ke rumah sakit diantar oleh pihak keluarganya pada Sabtu dinihari kemarin.

“Pak Gesang masuk ke rumah sakit dalam kondisi sadar. Bahkan, waktu masuk tidak dirawat di kamar ICU, akan tetapi langsung masuk ke kamar perawatan,” kata Bety ketika dihubungi VIVAnews, Minggu 18 Januari 2010.

Mengenai sakit yang diderita Gesang, Bety dengan memohom maaf tidak bisa memberitahunya. “Maaf sekali saya tidak berani menjawabnya, karena itu kewenangan pihak keluarga yang menjawabnya,” ujarnya.

Hanya saja, kondisi Gesang saat ini masih terawat dengan baik dibawah pengawasan Dr Suharto Wijanarko yang merupakan ahli urologi. “Insya Allah beliau cepat sembut,” katanya. Pencipta lagu yang hasil karyanya banyak diminati orang Jepang itu sekarang dirawat di ruang Firdaus kamar nomor 7.

Kondisi Gesang beberapa tahun terakhir ini sudah terlihat semakin dimakan usia. Hal itu
terlihat ketika perayaan ulang tahun ke-92 beberapa waktu lalu, pendengaran Gesang sudah tidak normal. Bahkan, untuk berbicara harus dengan nada agak keras yang didekatkan dengan telinga beliau. Untuk kesehariannya, Gesang mengenakan alat bantu pendengaran.

Pada perayaan ulang tahunnya tersebut, Gesang memperoleh kado istimewa, yakni sebanyak 44 judul ciptaannya sudah dipantenkan oleh perusahaan rekaman Penerbit Musik Pertiwi (PMP ke Dirjen HAKI Departemen Hukum dan HAM Republik Indonesia. Semua sertifikat paten lagu tersebut sudah terbit pada 25 September 2009.

Lagu-lagu ciptaan Gesang yang cukup terkenal selain Bengawan Solo, antara lain Jembatan Merah, Pandanwangi, Sebelum Aku Mati, Seto Oshahi, dan Sapu Tangan. Bahkan lagu berjudul Sapu Tangan itu pernah akan dijadikan Malaysia sebagai lagu kebangsaan.

Laporan Fajar Sodiq | Solo

Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Makin Berkembang
Tristan ALif

Tristan Alif 'Lionel Messi Indonesia' Bantu Kenalkan Produk Olahraga Indonesia

Tristan Alif, yang dikenal sebagai julukan Lionel Messi Indonesia turut memeriahkan launching toko olahraga,

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024