5 Artis Keturunan Pahlawan Nasional, Diponegoro sampai Agus Salim

Marshel Widianto dan Celine Evangelista
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA Showbiz – Artis atau selebriti selalu menarik untuk dijadikan perbincangan. Di balik kiprah mereka di dunia hiburan, setiap artis memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Ada yang berasal dari keluarga konglomerat, memiliki garis keturunan kerajaan hingga memiliki darah pahlawan nasional.

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"

Nah, mereka yang diwarisi darah pahlawan nasional atau pejuang kemerdekaan ini ternyata memiliki pesona tersendiri untuk dibahas. Bahkan ada yang memiliki darah dari Pangeran Diponegoro, pejuang yang melawan penjajahan Belanda dan turut andil dalam peristiwa Perang Diponegoro.

Tanpa panjang lebar, berikut VIVA telah merangkum beberapa sumber informasi terkait 5 artis keturunan pahlawan nasional:

Siap Investasi di IKN, Pengusaha Malaysia Bakal Bangun Sektor Hunian dan Pendidikan

1. Dian Sastro

Aktris Dian Sastrowardoyo

Photo :
  • instagram.com/therealdisastr/

Selain Belanda, Ini 6 Negara yang Pernah Menjajah Indonesia, Ada Portugis dan Spanyol

Diandra Paramitha Sastrowardoyo, yang lebih dikenal sebagai Dian Sastrowardoyo adalah pemeran, model, penyanyi, dan produser Indonesia. Ia memulai kariernya dari modeling dengan meraih juara pertama pada pemilihan GADIS Sampul tahun 1996.

Selain itu Dian Sastro juga masih memiliki hubungan darah dengan pahlawan nasional Prof. Mr. Sunario Sastrowardoyo dan penyair Subagio Sastrowardoyo.

Prof Sunario merupakan pengurus Perhimpunan Indonesia di Belanda. Dia menjadi salah satu tokoh yang berada di balik dua peristiwa besar, yakni Manifesto 1925 dan Kongres Pemuda II.

2. Maia Estianty

Maia Estianty dengan gaya rambut cornrow

Photo :
  • IG Maia Estianty

Maia Estianty adalah seorang musisi dan pengusaha berkebangsaan Indonesia. Namanya mencuat ketika Maia menjadi salah satu penyanyi duo yang dikenal sebagai duo Ratu.

Selain itu ibu dari Al, El, Dul ini ternyata cicit dari Hadji Oemar Said (HOS) Cokroaminoto, pemimpin organisasi Sarekat Islam (SI) tahun 1914-1934.

HOS Cokroaminoto sendiri menggawangi SI hingga menjadi salah satu organisasi dengan massa terbesar dan menjadi sejarah pergerakan nasional.

3. Karina Salim

Karina Salim.

Photo :
  • Instagram @karinasalim

Karina Eka Putri Salim atau yang lebih dikenal dengan Karina Salim adalah seorang pemeran, penyanyi, dan balerina Indonesia. Ia masih memiliki hubungan kekerabatan dengan tokoh pergerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia, H. Agus Salim.

H. Agus Salim sendiri merupakan salah satu sosok yang berada di balik kemerdekaan Indonesia, dia menjadi anggota Panitia Sembilan dan BPUPKI.

4. Asri Welas

Asri Welas

Photo :
  • VIVA/ Mohammad Yudha Prasetya

Hj. Asri Pramawati, yang lebih dikenal sebagai Asri Welas adalah pemeran, model, komedian, presenter, penari, penyiar radio, dan desainer Indonesia.

Selain itu, Asri Welas ternyata keturunan pahlawan bersejarah, yakni Pangeran Diponegoro. Asri sendiri merupakan keturunan ketujuh dari Pangeran Diponegoro.

Pangeran Diponegoro merupakan pemimpin Perang Jawa atau Perang Diponegoro yang menjadi perang besar dan menelan ribuan korban.

5. Celine Evangelista

Celine Evangelista

Photo :
  • IG @celine_evangelista

Princessa Celine Evangelista Monica Maureen Richelle adalah aktris, model, dan penyanyi wanita berkebangsaan Indonesia.

Wanita yang ramai digosipkan dengan Marshel Widianto ini ternyata juga merupakan keturunan pahlawan, yakni H. Fadeli Luran. Sosok yang berjasa mempersatukan umat muslim di Makassar dan menjadi Komando Batalyon di Sulawesi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya