Musisi Jepang Ryuichi Sakamoto Meninggal Dunia Akibat Kanker Stadium 4

Musisi Jepang Ryuichi Sakamoto Meninggal Dunia
Sumber :
  • Instagram @skmtgram

VIVA Showbiz – Ryuichi Sakamoto, seorang musisi dan aktor Jepang terkenal di dunia yang menggubah lagu-lagu hits Hollywood seperti "The Last Emperor" dan "The Revenant," dikabarkan meninggal dunia di usia 71 tahun.

Musisi Legendaris Tony Wenas Gelar Konser Pertama Persembahan PAPPRI

Perusahaan rekaman Jepang Avex mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Minggu bahwa Sakamoto meninggal pada Selasa 28 Maret saat menjalani perawatan kanker.

Dia pertama kali didiagnosis menderita kanker tenggorokan pada tahun 2014. Pada tahun 2022, dia mengungkapkan bahwa dia menderita kanker stadium akhir, setahun setelah dia mengungkapkan menderita kanker dubur.

Pilih Hidup Sendiri di Usia 74 Tahun, Diding Boneng: Punya Teman Hidup Masalah Mulu!

Sosok Ryuichi Sakamoto

Musisi Jepang Ryuichi Sakamoto Meninggal Dunia

Photo :
  • Instagram @skmtgram
Transformasi Wajah Johnny Depp yang Pernah Dinobatkan Sebagai Pria Terseksi di Dunia 2 Kali

Sakamoto adalah pelopor musik elektronik pada akhir 1970-an dan mendirikan Yellow Magic Orchestra, juga dikenal sebagai YMO, bersama Haruomi Hosono dan Yukihiro Takahashi.

Terlepas dari perjuangannya melawan kanker, Sakamoto merilis album full-length "12" pada ulang tahunnya yang ke-71 di bulan Januari, menyatakan bahwa menulis memiliki "efek penyembuhan kecil pada tubuh dan jiwa saya yang rusak," menurut pernyataan resmi yang dirilis dengan album terbaru. 

Dia adalah seorang musisi kelas dunia, memenangkan Oscar dan Grammy untuk film 1987 "The Last Emperor." Selain itu, Sakamoto juga seorang aktor, membintangi film 1983 pemenang BAFTA "Merry Christmas, Mr. Lawrence."

Dia sebagian besar berbasis di New York dalam beberapa tahun terakhir, meskipun dia secara teratur mengunjungi Jepang.

Lahir di Tokyo pada tahun 1952, Sakamoto mulai belajar musik pada usia 10 tahun dan dipengaruhi oleh Debussy dan The Beatles.

Pernyataan dari Avex mengatakan bahwa meskipun sakit, ketika dia merasa relatif sehat, dia tetap mengerjakan musiknya di studio rumahnya. 

Pernyataan tersebut mengungkapkan rasa terima kasih kepada para dokter yang telah merawatnya di AS dan Jepang, serta kepada semua penggemarnya di seluruh dunia. Itu merujuk pada kata-kata yang disukai Sakamoto: "Ars longa, vita brevis," yang mengacu pada umur panjang seni, tidak peduli seberapa pendek hidup manusia.

Sakamoto juga meninggalkan jejaknya sebagai seorang pasifis dan aktivis lingkungan. Dia berbicara menentang tenaga nuklir setelah kehancuran pembangkit nuklir Fukushima Maret 2011 yang disebabkan oleh gempa bumi dan tsunami.

Dia mengambil bagian dalam aksi unjuk rasa dan berpidato di Tokyo, dan berada di antara sekelompok seniman Jepang yang dihormati, seperti novelis pemenang Nobel Kenzaburo Oe, yang tidak takut mengambil sikap tidak populer dalam masalah politik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya