Jupe Mendapat Gelar Bangsawan Kraton Solo

Julia Perez
Sumber :
  • flickr

VIVAnews - Artis Julia Perez, yang kerap menuai kontroversi, mendapat gelar bangsawan dari Keraton Kasunanan Surakarta. Julia Perez sekarang namanya bertambah dengan embel-embel dari keraton. Julia Perez alias Jupe diberi gelar Nimas Ayu Temenggung.

Pemberian gelar bangsawan dilakukan pada Rabu 7 Mei 2010 di Sasono Morokoto, Keraton Kasunanan Surakarta. Pemberian gelar ini adalah salah satu bagian dari upacara adat Tingalandalem Jumenengan Pakubuwono VIII.

Pemberian gelar dipimpin oleh Gusti Pangeran Haryo Kusumo Yudho, sebagai Pengageng Kusumo Wandowo. Jupe diwisuda bersama 183 lainnya. Yang mendapat gelar ini adalah orang yang dianggap telah berjasa nguri-uri budaya Jawa terutama Keraton Kasunanan Surakarta.

Raut wajah gembira tampak pada raut wajah artis Julia Perez. Nama Jupe kini bertambah menjadi Nimas Ayu Tumenggung Yuli Rakhmawati. Gelar yang diterima Jupe ini setara dengan kedudukan adipati atau bupati.

Prosesi pemberian gelar ini diwarnai dengan kejadian lucu. Pasalnya ketika menerima gelar bangsawan, rok Jupe sobek ketika akan duduk bersimpuh. Meski terlihat raut muka gembira, Jupe mengaku grogi. Karena dirinya harus menjaga nama gelar bangsawannya. Apalagi saat mengucapkan sumpah dengan Bahasa Jawa, Jupe mengaku agak kesulitan. (hs)

Laporan: Fajar Sodiq | Solo

Film Keajaiban Air Mata Wanita Sajikan Keajaban dan Kehangatan
Mobil All New Agya GR Sport

Bikin Istri dan Pacar Senang, Ini Pilihan Mobil Baru Buat Gaji UMR

Bagi karyawan yang bekerja di Jakarta dengan rata-rata gaji UMR, atau upah minimum regional sebesar Rp5 jutaan, ada beberapa mobil baru yang bisa dibeli dengan kredit....

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024