Bikin Cerpen Bikin Lukman Sardi Ketakutan

Lukman Sardi
Sumber :
  • VivaNews/ Gestina Rachmawati

VIVAnews - Sebagai aktor, jam terbang Lukman Sardi terhitung tinggi. Kemampuan aktingnya pun sudah diakui. Wajah bapak satu anak itu langganan tampil di layar lebar sebagai pemeran utama.

Sederet film seperti 'Merah Putih', 'Sang Pemimpi', ''Laskar Pelangi dan 'Sang Pencerah' sukses ia perankan dengan baik. Lantas, bagaimana reaksi Lukman saat ditawarkan untuk menulis cerita pendek?

Baru-baru ini Lukman juga diajak oleh Djenar Maesa Ayu untuk menulis kumpulan cerita pendek, tapi ternyata pemeran Ahmad Dahlan itu sempat takut saat diminta menuangkan karya lewat tulisan.

"Kalau akting sama menulis itu ada dua sisi imajinasi yang sama, dan gue itu tipikal orang yang tidak bisa menuangkan ide dalam kepala ke tulisan," ujar Lukman di bilangan Kemang, Jakarta Selatan.

Meski awalnya tak yakin, Lukman merasa tertarik. Akhirnya ia menyumbang tulisannya yang berjudul 'Ra Kuadrat' dalam novel terbaru Djenar. Waktu yang dibutuhkan Lukman untuk menulis sebuah cerita pendek sekitar empat jam.

"Tadinya gue berpikir menulis itu adalah sesuatu hal yang menakutkan, ternyata kalau dilepaskan (dijalani) itu mudah. Tapi harus tetap dilatih terus menerus," kata pria berambut ikal ini.

Lukman mengaku ada keasyikan tersendiri ketika dia sedang menulis. Tapi dia masih belum berani untuk membuat sebuah buku.

"Gue takut menulis itu karena takutnya ide yang gue maksud itu tidak sampai ke pembacanya. Kadang gue punya ide tentang film, gue sampai menghubungi teman untuk menuliskan apa yang gue inginkan," ucap Lukman Sardi. (sj)

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024