MUI Minta Hanung Revisi Adegan Film "?"

Salah Satu Adegan Glenn Fredly dalam Film ?
Sumber :
  • Dapurfilm.com

VIVAnews- Film "?" garapan sutradara Hanung Bramantyo akhirnya mendapat teguran keras dari Majelis Ulama Indonesia. Beberapa adegan dalam film tersebut menurut MUI dianggap memojokkan umat Muslim.

"MUI meminta agar produser film "?", dan sutradara film merevisi adegan yang menjelekkan Islam," ujar  Ketua Bidang Seni dan Budaya MUI Pusat, KH Cholil Ridwan, Kamis, 12 Mei 2011.

Menurutnya beberapa adegan yang dianggap mengganggu yaitu anggota Banser mengeroyok orang China, dan adegan pembunuhan pastur di depan gereja. MUI juga tak setuju dengan adegan yang mengatakan "Orang murtad dibilang baik," ujar Cholil.

Bahkan secara pribadi, Cholil ingin film itu ditarik dari peredaran. Dia memang tergabung dalam tim perumus yang mengkaji film itu, tapi hasilnya hanya sebatas rekomendasi. Kalimat yang dinyatakan bahwa jalan setapak manusia itu berbeda-beda, tapi tujuannya tetap satu yaitu Tuhan. "Itukan pluralisme, dan sudah diharamkan," ujarnya.

MUI juga melarang penayangan film "?" di sejumlah televisi. MUI akan bertindak sesuatu kalau film "?" itu ditayangkan di televisi. Jika ditayangkan di televisi, kata dia, akan lebih berbahaya. "Saat ada pertemuan dengan produsernya, kita sudah bilang agar film itu tidak ditayangkan di televisi. Produser TV dan KPI juga sudah kita undang agar tidak menayangkan film itu," ujar Cholil tegas.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi
Ilustrasi simbol bendera PDIP saat Peringatan puncak Bulan Bung Karno 2023 di GBK

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan

Sikap politik PDIP yang saat ini ditunggu-tunggu, apakah memilih menjadi oposisi dari pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, atau ikut masuk di dalamnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024