Logo BBC

Film-film Indonesia yang Bersaing dengan Film Avengers

Penonton Avengers: Endgame di Chinese Theatre, Los Angeles pada 25 April lalu. - AFP
Penonton Avengers: Endgame di Chinese Theatre, Los Angeles pada 25 April lalu. - AFP
Sumber :
  • bbc

Avengers: Endgame diperkirakan akan menjadi film terlaris di Indonesia mengalahkan film-film dari Marvel Cinematic Universe (MCU) atau Jagat Sinema Marvel serta film-film Hollywood lainnya.

Namun sejumlah film seperti Warkop Reborn dan Dilan dapat bersaing dalam merebut jumlah penonton. Dan bahkan film AADC2, Ada Apa Dengan Cinta 2 dapat menyeimbangi film Avengers, Captain America: Civil War ketika keluar pada waktu yang bersamaan tiga tahun lalu.

Film terbaru Jagat Sinema Marvel, Avengers: Endgame yang dirilis pada 24 April lalu, telah memecahkan rekor dalam pendapatan harian dan pendapatan akhir pekan, hal yang sudah diperkirakan sebelumnya.

Pengelola akun Bicara Box Office Sigit Prabowo mengatakan beberapa rekor yang dipecahkan Avengers: Endgame di Indonesia adalah, "Rekor opening day (hari pemutaran perdana), opening week (pekan pemutaran perdana), most numbers of screen (jumlah layar terbanyak), dan tidak sulit ditebak akan memecahkan rekor gross (laba kotor) terbesar, juga admission (pembelian tiket) terbesar."

Tapi memang sudah tradisi, film-film Marvel Cinematic Universe dan film superhero pada umumnya laku keras di Indonesia.

"Beberapa franchise lain seperti Fast and Furious, Transformers, itu sudah jadi langganan untuk punya performance yang bagus di box office Indonesia," kata Sigit kepada Eric Sasono yang melaporkan untuk BBC News Indonesia.

Film Hollywood, terutama yang beranggaran besar atau tentpole, secara global memang mendominasi.