Museum Bumi Manusia Dibuka di Yogyakarta

Peresmian Museum Bumi Manusia
Sumber :
  • VIVA/Wahyu Firmansyah

VIVA – Museum Bumi Manusia telah resmi dibuka di Yogyakarta, Selasa 13 Agustus 2019. Hanung Bramantyo sebagai sutradara film Bumi Manusia dan anak Pramoedya Ananta Toer, Astuti, menandai peresmian museum tersebut lewat proses pemotongan pita.

Diisukan Dekat dengan Bryan Domani, Mawar de Jongh Buka Suara

Di museum tersebut, nantinya para pengunjung bisa melihat secara langsung bagaimana lokasi syuting rumah Nyai Ontosoroh. Museum Bumi Manusia sendiri berada di Studio Alam Gamplong, Kulonprogo, Yogyakarta.

Hanung membuat museum ini tidak untuk kepentingan komersil, namun merupakan arahan langsung dari Astuti yang ingin lokasi syuting kembali dihidupkan.

Kucumbu Tubuh Indahku hingga Dua Garis Biru Boyong Nominasi FFI 2019

"Menggunakan tempat ini kembali lagi, tidak untuk mengomersilkan hanya untuk kepentingan Bu Astuti. Kita minta izin ke Bu Astuti, karena kita melakukan pembersihan ini pun juga atas saran dari Bu Astuti," kata Hanung, saat dijumpai di lokasi peresmian.

Museum ini juga sebagai monumen peringatan untuk orang-orang yang mencintai karya Pramoedya, agar bisa terus mengingat karyanya.

Cantiknya Franka Franklin Pakai Kalung Terinspirasi Novel Bumi Manusia

"Saya hidupkan, saya kembalikan lagi menjadi set Bumi Manusia, biar para pecinta Pak Pram terus ingat ini sebagai sebuah monumen," katanya.

Setiap pengunjung akan dibagi menjadi 10 orang untuk masuk dan menikmati museum Bumi Manusia. Pembatasan ini, agar orang-orang bisa lebih menikmati setiap ruangan dalam museum. (asp)

Mawar de Jongh

Apa Kabar Mawar De Jongh? Intip Kesibukannya Sekarang

Pada September 2022 mendatang, Mawar de Jongh akan membintangi sebuah film legendaris adaptasi Korea, berjudul Miracle in Cell No. 7.

img_title
VIVA.co.id
23 Mei 2022