365 Days Dikritik, Penuh Kontroversi Agungkan Kekerasan Seks

Film 365 Days.
Sumber :
  • IMDb

VIVA – Film 365 Days menjadi sorotan setelah seorang penyanyi bernama Duffy menulis surat terbuka ke Netflix yang mengatakan bahwa film ini mengagungkan kekerasan seksual dan meminta agar film ini dihapus. 

Tanpa Dialog, Film Thriller 'Monster' Tayang di Netflix Mulai 16 Mei 2024

Seperti diketahui, film Netflix, 365 Days kembali dengan sekuelnya, 365 Days: This Day. Munculnya kabar ini langsung menarik perhatian lantaran film ini identik dengan daya tarik seks dan dinilai penuh kontroversi

Dikutip laman The Tab, Kamis, 28 April 2022, film ini menceritakan bos mafia Italia Massimo, yang menculik seorang wanita bernama Laura dan memberinya 365 hari untuk jatuh cinta padanya, dan dia akan membebaskannya. Sejak saat itu, film dewasa ini menjadi sorotan. Massimo mengikat Laura dalam adegan seks eksplisit dan spoiler, dia jatuh cinta padanya.

Kutukan Sungkyunkwan Scandal: 5 Pemerannya Terjerat Kontroversi Bertubi-tubi!

Ketika film pertama keluar, banyak yang menilai film ini menggambarkan kekerasan seksual dan penyanyi Duffy bahkan menulis surat terbuka ke Netflix. Ada seruan agar judul itu diturunkan sepenuhnya. 

Berikut alasan mengapa film ini jadi kontroversi: 

Sosok Arj Barker, Komika yang Dihujat Gegara Usir Ibu Menyusui saat Acara Stand-Up Comedy

Ketika film 365 Days pertama dirilis, ada kontroversi besar seputar temanya. Film ini dikritik karena memperlihatkan kekerasan seksual, dan banyak yang menilai hubungan Laura dan Massimo mirip dengan sindrom Stockholm. Sindrom Stockholm adalah suatu kondisi di mana sandera mengembangkan ikatan psikologis dengan penculiknya selama penahanan. 

“Tidak ada yang memiliki saya, saya bukan objek. Anda tidak dapat memiliki saya begitu saja, menculikku dan berpikir bahwa aku milikmu sepenuhnya,” kata Laura ketika Massimo pertama kali menculiknya di film. 

"Aku tahu," jawabnya. "Tapi itu sebabnya aku memberimu kesempatan untuk mencintaiku."

Ada beberapa petisi yang dibuat untuk meminta film tersebut dihapus oleh Netflix. Hingga kini, petisinya sudah memiliki 96 ribu tanda tangan dan berjudul “Remove 365 Days from Netflix for Glorifying Stockholm Syndrome and Abuse”.

“Satu dari empat wanita mengalami kekerasan dalam rumah tangga dalam hidup mereka,” demikian bunyi halaman tersebut. “Dan Netflix jelas berdiri di sisi para pelaku dengan memiliki film yang mengagungkan, meromantisasi, dan membenarkan kekerasan seksual yang menjadi tren di 10 film rekomendasi teratas mereka untuk ditonton di seluruh dunia.”

Film 365 Days.

Photo :
  • IMDb

Penyanyi Duffy menulis surat terbuka ke Netflix mengikuti pengalamannya

Penyanyi Welsh Duffy menulis surat terbuka kepada CEO Netflix Reed Hastings meminta agar film tersebut dihapus karena mengagungkan pemerkosaan. Dia baru-baru ini mengumumkan pengalamannya sendiri, mengatakan bahwa dia telah keluar dari mata publik setelah diculik dan diperkosa selama empat minggu.

Surat itu diterbitkan oleh Deadline dan isi surat lengkapnya:

Reed yang terhormat,

Baru-baru ini saya menulis secara terbuka tentang cobaan yang saya alami. Saya dibius, diculik, diperdagangkan dan diperkosa. Saya merilis pernyataan akun pribadi saya, yang dapat Anda temukan secara online secara lebih rinci di http://www.duffywords.com.

Hari ini, saya benar-benar tidak tahu apa yang harus saya pikirkan, katakan, atau lakukan, selain untuk menjangkau dan menjelaskan kepada Anda dalam surat ini betapa tidak bertanggung jawabnya Netflix untuk menyiarkan film '365 Days'. Saya tidak ingin berada dalam posisi ini untuk harus menulis kepada Anda, tetapi penderitaan saya mengharuskan saya untuk melakukannya, karena pengalaman kekerasan yang saya alami dari jenis yang telah Anda pilih untuk disajikan sebagai 'erotika dewasa. '.

'365 Days' mengagungkan realitas brutal perdagangan seks, penculikan dan pemerkosaan. Ini tidak boleh menjadi ide hiburan yang disajikan untuk siapa pun, juga tidak boleh digambarkan seperti itu, atau dikomersialkan dengan cara ini.

Saya menulis kata-kata ini (yang saya tidak percaya saya tulis pada tahun 2020, dengan begitu banyak harapan dan kemajuan yang diperoleh dalam beberapa tahun terakhir), karena diperkirakan 25 juta orang saat ini diperdagangkan di seluruh dunia, belum lagi jumlah orang yang tak terhitung jumlahnya. Silakan luangkan waktu sejenak untuk berhenti dan berhenti sejenak, dan pikirkan tentang angka itu, yang setara dengan hampir separuh penduduk Inggris. Dan dari mereka yang diperdagangkan setiap tahun, tidak kurang dari 80 persen adalah perempuan dan anak perempuan, dan 50 persen dari mereka adalah anak di bawah umur.

Saya sedih karena Netflix menyediakan platform untuk 'bioskop' seperti itu, yang memperlihatkan penculikan erotis dan mendistorsi kekerasan seksual dan perdagangan manusia sebagai film "seksi". Saya tidak bisa membayangkan bagaimana Netflix bisa mengabaikan betapa ceroboh, tidak peka, dan berbahayanya ini. Bahkan telah mendorong beberapa wanita muda, baru-baru ini, dengan riang meminta Michele Morrone, aktor utama dalam film tersebut, untuk menculik mereka.

Kita semua tahu Netflix tidak akan menyelenggarakan materi yang mengagungkan pedofilia, rasisme, homofobia, genosida, atau kejahatan lainnya terhadap kemanusiaan. Dunia akan benar-benar bangkit dan berteriak. Tragisnya, korban perdagangan dan penculikan tidak terlihat, namun dalam '365 Days' penderitaan mereka dibuat menjadi "drama erotis", seperti yang dijelaskan oleh Netflix.

Jadi, saya terpaksa berbicara atas nama mereka, dan meminta Anda untuk untuk mengkomitmenkan sumber daya Netflix, dan keterampilan pembuat film berbakatnya, untuk memproduksi dan menyiarkan konten yang menggambarkan kebenaran dari kenyataan pahit dan putus asa dari apa yang '365 Days' coba ubah menjadi sebuah karya hiburan biasa.

Saya berusaha menenangkan diri untuk menjelaskan kepada Anda di sini – ketika saya diperdagangkan dan diperkosa, saya beruntung bisa pergi dari masalah itu dengan hidup saya, tetapi terlalu banyak yang tidak seberuntung itu. Dan sekarang saya harus menyaksikan tragedi-tragedi ini, dan tragedi saya, menjadi erotis dan direndahkan. Di mana seseorang dapat melupakan, tetapi harus menghubungi Anda secara tertulis.

Bagi siapa saja yang mungkin berseru 'ini hanya film', itu tidak 'adil', ketika memiliki pengaruh besar untuk mendistorsi subjek yang tidak dibahas secara luas, seperti perdagangan seks dan penculikan, dengan menjadikan subjek erotis.

Dan karena '365 Days' telah terbukti sangat populer, saya juga menyampaikan surat ini kepada pemirsa secara langsung. Saya mendorong jutaan orang yang telah menikmati film untuk merenungkan realitas penculikan dan perdagangan manusia, kekerasan dan eksploitasi seksual, dan pengalaman yang berlawanan dengan fantasi yang digambarkan dalam '365 Days'.

Menjelang Hari Anti Perdagangan Manusia Sedunia pada tanggal 30 Juli, saya mendorong Netflix dan semua orang yang telah menonton '365 Days' untuk mempelajari lebih lanjut tentang perdagangan manusia dengan mengunjungi https://www.unodc.org/unodc/en/human-trafficking /what-is-human-trafficking.html dan berjanji untuk membuat perbedaan bagi organisasi seperti: catwinternational.org, hopeforjustice.org, polarisproject.org, antislavery.org, stopthetraffik.org, unseenuk.org, notforsalecampaign.org, ijm.org, a21.org dan madeforthem.org.

Jika Anda semua di Netflix tidak mengambil apa pun dari surat terbuka ini kecuali kata-kata terakhir ini, saya akan puas. Anda belum menyadari bagaimana '365 Days' telah membawa luka besar bagi mereka yang telah menanggung rasa sakit dan kengerian yang diagungkan oleh film ini, untuk hiburan dan untuk dolar. Apa yang saya dan orang lain yang mengetahui ketidakadilan ini butuhkan adalah kebalikannya – sebuah narasi kebenaran, harapan, dan untuk diberi suara. Ketika kita tahu lebih baik, mari kita lakukan lebih baik,

Duffy.

Meski film ini ramai jadi perbincangan dan dikritik, hingga kini belum ada respon dari Netflix. Netflix bahkan tidak pernah mengomentari kontroversi seputar 365 Days dan film pertama dan sekuelnya 365 Days: This Day yang mulai tayang di Netflix. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya