Terkuak, Pemicu Film The Lady of Heaven Menuai Kecaman Umat Muslim

Film yang mangangkat cerita putri Nabi Muhammad, The Lady of Heaven
Sumber :
  • IG @theladyofheaven

VIVA – Film The Lady of Heaven, film yang mengangkat tentang putri Nabi Muhammad, yakni Fatimah menuai banyak kontroversi di sejumlah negara. Film yang dirilis pada 3 Juni 2022 lalu ini diketahui telah ditarik di seluruh jaringan bioskop di Inggris dengan alasan kekhawatiran akan keselamatan staf dan pelanggan.

Umat Islam Dunia Rayakan Idul Fitri 1445 H dengan Penuh Semangat

Tidak hanya di Inggris, film The Lady of Heaven ini juga telah dilarang di Maroko. Sementara itu sejumlah negara lainnya seperti Mesir, Pakistan, Iran dan Irak mengecam film ini.

Tidak sampai disitu saja, film The Lady of Heaven ini juga menyebabkan pemecatan seorang imam sebagai penasihat pemerintah untuk pemerintah Inggris. Lantas bercerita tentang apa film The Lady of Heaven ini?

Ustaz Adi Hidayat Ungkap Umat Muslim yang Mendapat Celaka di Bulan Ramadhan Ini

Dilansir dari laman firstpost, film ini diketahui ditulis oleh ulama muslim Syiah yakni Sheikh Yasser al-Habib dan  disutradarai oleh Eli King, yang merupakan aktor Australia keturunan Mesir.

Film The Lady of Heaven ini menunjukkan dua kisah terpisah yang berlangsung selama 1.400 tahun; kisah modern mengikuti Laith, seorang bocah lelaki Irak yang diadopsi oleh Bibi Fatimah setelah ibunya terbunuh dalam perang.

6 Hikmah Dalam Menunaikan Zakat Fitrah Bagi Umat Islam

Laith belajar tentang perjuangan Putri Nabi Muhammad, yakni Fatimah melalui cerita Bibi dan secara bertahap belajar untuk mengatasi tantangan dunia modernnya.

Sesuai sinopsis film, Lady Fatimah digambarkan sebagai 'korban pertama terorisme'. Produser eksekutif The Lady of Heaven, Malik Shlibak, mengatakan kepada Sky News bahwa film tersebut menceritakan kisah hidup, perjuangannya, perjalanan yang dilaluinya dari putri Nabi Muhammad, Fatimah.

"Kami percaya dia adalah tokoh terbaik dalam sejarah bagi kita hari ini untuk belajar, untuk mengetahui bagaimana mengatasi hal-hal seperti ekstremisme, radikalisme dan korupsi. Dan kami merasa penting untuk membagikan kisah ini kepada dunia," kata dia.

Dia mengatakan masalah subjek yang provokatif tergantung pada siapa yang Anda tanyakan.

"Setiap topik agama yang Anda tangani akan memiliki perbedaan pendapat di antara kelompok-kelompok yang berbeda... Kami tidak menghadirkan versi sejarah yang terlalu romantis. Kami menghabiskan satu tahun di pra-produksi untuk memastikan sejarahnya akurat," ungkap dia lebih lanjut.

Kenapa Film The Lady of Heaven Menuai Banyak Protes Umat Muslim?

Film ini telah menerima reaksi besar-besaran dari komunitas Muslim, dengan banyak yang menyebutnya menghujat dan juga rasis. Salah satu dari banyak masalah dengan film ini adalah penggambaran nabi-nabi Islam.

Meskipun tidak ada aktor yang memainkan peran Nabi Muhammad atau Fatimah, film ini telah menyebabkan kehebohan di kalangan komunitas Muslim, yang memandang rendah dan dalam banyak kasus menganggap penggambaran visual Nabi sebagai penghujatan.

Ada juga kritik besar-besaran terhadap film tersebut karena penggambaran beberapa karakter lain, termasuk sahabat Nabi Muhammad, Abu Bakar dan Umar bin al-Khattab, khalifah pertama Islam.

Editor Agama BBC, Aleem Maqbool, mengatakan kritik berpusat pada cara Yasser al-Habib, penulis naskah, yang menggambarkan tokoh-tokoh terkemuka yang dihormati di awal Islam Sunni, menyiratkan bahwa ada perbandingan antara tindakan mereka dengan tindakan kelompok Negara Islam di Irak.

Lantaran kontroversinya, perilisan film di Inggris disambut dengan protes besar-besaran dengan banyak yang menuntut agar bioskop tidak menayangkannya. Pada tanggal 5 Juni, lebih dari 200 orang berkumpul di luar Cineworld di Broad Street, Birmingham dan memprotes pemutaran film tersebut.

Sebuah petisi juga telah dibuat oleh seorang pengguna bernama Muslim UK dan sekarang ditandatangani oleh lebih dari 126.000 orang, meminta agar film tersebut dihapus dari layar lebar. Dikatakan bahwa film tersebut menyebabkan "sakit hati" dan "menyebarkan informasi palsu tentang Islam", dan "secara langsung tidak menghormati" Nabi Muhammad.

Shahid Ali, seorang ulama yang mengorganisir protes terhadap film di Bradford, mengatakan kepada Sky News bahwa film tersebut menyajikan narasi palsu dari khalifah awal Islam ... dari mereka menjadi teroris.

Protes besar-besaran di Inggris menyebabkan jaringan bioskop Cineworld membatalkan semua pertunjukan The Lady of Heaven.

"Karena insiden baru-baru ini terkait dengan pemutaran The Lady of Heaven, kami telah membuat keputusan untuk membatalkan pemutaran film yang akan datang secara nasional untuk memastikan keamanan staf dan pelanggan kami," kata seorang juru bicara dari Cineworld.

Di Maroko, otoritas bioskop telah melarang film tersebut setelah dikutuk oleh dewan agama negara itu. Media pemerintah Maroko dilaporkan mengatakan bahwa film tersebut adalah pemalsuan fakta yang terang-terangan dan berisi tindakan keji yang tidak dapat diterima oleh umat Islam.

Pemerintah Iran melarang The Lady of Heaven dirilis, menyatakan itu bertujuan untuk memecah belah umat Islam. Film tersebut tidak hanya menyebabkan protes, tetapi juga menyebabkan pemecatan seorang imam sebagai penasihat pemerintah.

BBC melaporkan bahwa Qari Asim, 44, dicopot dari perannya sebagai konsultan Islamofobia untuk pemerintah Inggris karena mendukung kampanye pelarangan The Lady of Heaven.

"Kami tidak memiliki pilihan selain menarik penunjukan dan mengakhiri peran Anda dengan pemerintah dengan segera. Dukungan Anda baru-baru ini untuk kampanye membatasi kebebasan berekspresi berarti tidak pantas lagi bagi Anda untuk melanjutkan pekerjaan Anda dengan pemerintah dalam peran yang dirancang untuk mempromosikan keharmonisan masyarakat," kata dia dalam sebuah surat kepada Asim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya