4 Film Bollywood Sukses di Dunia Tapi Dilarang Tayang di Indonesia

Film Bollywood dilarang tayang di Indonesia
Sumber :
  • IMDB

VIVA – Bollywood selalu menciptakan film-film beragam dengan genre yang juga menarik untuk ditonton. Adegan-adegan yang menegangkan hingga konflik serta romantisme dari film Bollywood membuat banyak orang tetap antusias menantikan film-film terbaru India.

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Kualitas film Bollywood yang tak perlu diragukan lagi. Tak heran jika film-film ini bahkan menuai sukses saat ditayangkan di dalam maupun luar negri. Hal ini, dibuktikan lewat banyaknya film-film produksi India yang masuk dalam nominasi ajang penghargaan film bergengsi seperti Amerika Serikat The Academy Awards.

Meski menuai sukses di sejumlah negara, tahukah kamu, film-film Bollywood justru pernah dilarang tayang di Indonesia. 

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Ada empat film Bollywood di bawah ini yang dilarang tayang di Indoneia. Salah satu alasan larang tayang lantaran dianggap menghina agama Islam yang mayoritas dianut masyarakat Indonesia. 

Kira-kira film apa saja sih dari produksi Bollywood yang dilarang tayang di Indonesia. Yuk simak berikut ini. 

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Dazed In Doon

Dazed In Doon

Photo :
  • IMDB

Film India ini disebut-sebut sebagai film tersukses di dunia. Mengisahkan seorang laki-laki yang menjalani pendidikan di sekolah paling dihormati di India, The Doon School.

Lalu, kenapa film ini tak tayang di Indonesia? Dikutip dari Intip Seleb, Dazed In Doon mengandung banyak unsur penyalahgunaan narkoba dan adegan vulgar.

Firaaq

Firaaq

Photo :
  • IMDB

Firaaq adalah film India yang ditolak keras oleh bioskop Indonesia. Film ini dianggap melukai sentimen penganut agama Islam dan Hindu. Film ini sendiri mengisahkan kerusuhan yang terjadi di Gujarat, India, pada 2022 lalu.

Unfreedom

Sama halnya dengan Firaaq, film Unfreedom mengandung kisah dan unsur yang menyinggung agama Islam. Unfreedom memiliki kisah percintaan antara perempuan sesama jenis dan terorisme dalam Islam. Tidak hanya di Indonesia, beberapa negara yang mayoritas warga negaranya penganut Islam pun melarang penayangan film ini.

Selain Dazed In Doon, Firaaq dan Unfreedom, masih ada lagi dua film lainnya yang dilarang tayang di Indonesia. Selengkapnya, baca di sini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya