6 Film Bertema Kemerdekaan Indonesia, Cocok Tanamkan Nasionalisme

Film Merah Putih
Film Merah Putih
Sumber :
  • VIVAnews/Gestina Rachmawati

VIVA Showbiz – Bulan Agustus memang sangat identik dengan nuansa peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17. Bulan ini menjadi sangat istimewa dan tentu saja sangat bersejarah untuk masyarakat Indonesia. Tahun ini, Hari Kemerdekaan Indonesia menginjak usia yang ke-77 tahun. Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk merayakannya. 

Mulai dari mengikuti berbagai lomba sampai menonton sebuah tayangan film. Film bertema Kemerdekaan Indonesia dapat menjadi salah satu pilihan tepat untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-77. Tentu saja, film yang cocok disaksikan saat Hari Ulang Tahun Indonesia ini bertema tentang perjuangan. Untuk itu, berikut ulasan selengkapnya. 

1. Soekarno: Indonesia Merdeka

Ario Bayu Berperan di Film Soekarno

Ario Bayu Berperan di Film Soekarno

Photo :
  • filmsukarno.com

Film bertema Kemerdekaan Indonesia ini sudah dirilis sejak tanggal 11 Desember 2013 silam dan menjadi salah satu tontonan untuk 17 Agustus nanti. Sebab, film yang diperankan oleh Ario Bayu ini menceritakan kisah presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Mengikuti kisah pria bernama Kusno yang sejak kecil sudah sakit-sakitan. 

Orang tuanya kemudian mengubah namanya menjadi Soekarno. Nama ini menjadi salah satu kenangan di benak masyarakat Indonesia. Dalam film ini, kamu juga akan melihat berbagai pidato Soekarno yang penuh semangat. Film ini bisa dibilang sangat rinci, mulai dari pengasingan Soekarno sampai detik-detik proklamasi. 

2. Merah Putih

Film Merah Putih

Film Merah Putih

Photo :
  • VIVAnews/Gestina Rachmawati

Film bertema Kemerdekaan Indonesia ini adalah Trilogi Merdeka. Merah Putih adalah rangkaian pertama yang rilis pada 13 Agustus 2009 silam. Dimainkan oleh lima aktor kenamaan Indonesia, yaitu Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, Zumi Zola dan Teuku Rifnu Wikana.

Merah Putih menceritakan kisah mengenai Agresi Militer Belanda I tahun 1947 silam. Film ini didedikasikan untuk kedua pahlawan Indonesia yang bernama Letnan Satu R. M. Subianto Djojohadikusumo dan Kadet R. M Sujono Djojohadikusumo.

3. Jenderal Soedirman

Adipati Dolken di film Jenderal Soedirman.

Adipati Dolken di film Jenderal Soedirman.

Photo :
  • Istimewa

Film yang sudah dirilis sejak tahun 2015 ini berfokus pada perjuangan yang dilakukan oleh Jenderal Soedirman (Adipati Dolken) yang sedang mengalami sakit keras. Tapi, ia tetap berusaha untuk menjalankan misi gerilya selama tujuh bulan. 

Walau hanya mempunyai satu paru-paru ketika menjalankan misi tersebut, sang Jenderal dan pasukannya sukses membuat pasukan Belanda kewalahan. Hal ini membuat Belanda akhirnya menandatangani perjanjian Roem-Royen. Yang mana pada titik ini mereka mulai mengakui kedaulatan Indonesia. 

4. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta

Ario Bayu bintangi film Sultan Agung

Ario Bayu bintangi film Sultan Agung

Photo :
  • Youtube

Film yang rilis pada tahun 2018 ini menceritakan kisah Sultan Agung (Ario Bayu). Ia adalah seorang pria yang gagah dan ambisius. Ia berani menentang VOC dengan menyerangnya langsung ke Batavia. Bukan hanya itu, Sultan Agung juga harus mengemban tanggung jawab besar dalam menyatukan adipati di Tanah Jawa yang sebelumnya terpecah karena VOC. 

Di samping totalitas perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, Sultan Agung rela mengorbankan cinta sejatinya, Lembayung (Putri Marino). Hal tersebut membuat dirinya terpaksa menikahi perempuan ningrat yang memang tidak sesuai dengan pilihan hatinya. 

5. Kartini

Film Kartini.

Film Kartini.

Photo :
  • Instagram @therealdisastr

Kartini adalah sebuah film Biografi yang berasal dari tokoh perjuangan perempuan di Indonesia, R.A Kartini. Dian Sastro didaulat untuk memerankan tokoh emansipasi wanita tersebut. Film Kartini ini menceritakan kisah Kartini yang melihat langsung sang ibu menjadi orang terbuang di rumahnya sendiri.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena ibunya tidak mempunyai darah ningrat dan menjadi seorang pembantu. Sepanjang hidupnya, Kartini selalu memperjuangkan kesetaraan hak untuk semua orang, baik yang berasal dari kalangan ningrat maupun tidak. 

6. Bandung Lautan Api

Monumen Bandung Lautan Api

Monumen Bandung Lautan Api

Photo :
  • Google Maps

Film bertema Kemerdekaan Indonesia ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada tahun 1946 silam. Bangunan-bangunan yang ada di Kota Bandung hangus dibakar oleh penduduknya. Hal ini dilakukan supaya sekutu dan tentara Belanda tidak dapat memakai fasilitas di kota itu. Film ini diperankan oleh aktris senior Christine Hakim.