Profil dan Agama Donnie Yen, Aktor yang Dicekal Oscar Diduga Pro Komunis

Donnie Yen.
Sumber :
  • Instagram/mulan

VIVA Showbiz – Aktor senior asal China, Donnie Yen membatasi kontroversi hingga membuatnya diminta mundur dari Oscar 2023 yang digelar Senin, 13 Maret 2023. Apalagi, lebih dari 100 ribu orang telah menandatangi petisi agar Donnie Yen mundur dari Oscar 2023.

Penusukan Brutal di Rumah Sakit China: 2 Tewas, 21 Luka-luka

Semua berawal dari Donnie Yen yang dianggap pro terhadap Partai Komunis China dan menjadi tokoh kontroversial di negaranya.

Donnie Yen

Photo :
  • Instagram/donnieyenofficial
Beradegan Mesra Sama Krisjiana Baharudin, Siti Badriah Samperin Angela Gilsha ke Lokasi Syuting

Latar Belakang Donnie Yen

Donnie Yen lahir di Guangzhou, Guangdong, pada 27 Juli 1963. Saat berusia 2 tahun, keluagra Donnie Yen pindah ke Hong Kong. Setelah itu, Donnie yen memulai Karate ketika dia berusia sembilan tahun.

Gawat, Serangan Hacker China Bobol Sistem Kementerian Pertahanan Inggris

Kemudian pada usia 11 tahun, Donnie Yen menetap di Boston, Amerika Serikat. Sejak itu, ia mulai mendalami ilmu bela diri dari sang ibu, Bow Sim-Mark. Bow Sim-Mark merupakan Grandmaster Wushu yang terkenal dan Master Tai Chi, pengelola Lembaga Penelitian Wushu Tiongkok yang dikenal secara internasional.

Akhirnya, Donnie Yen putus sekolah pada usia 14 tahun untuk konsentrasi berlatih wushu 'kung-fu' dengan serius. Orangtuanya mengirim Donnie Yen ke Beijing dalam program pelatihan 4 tahun dengan Tim Wushu Beijing. Setelah Wushu, Donnie Yen mulai berlatih taekwondo pada umur 16 tahun.

Setelah itu, ia mulai bereksperimen dengan berbagai gaya, termasuk tai chi yang dikenal sebagai "shadowboxing" dan seni bela diri tradisional Tiongkok lainnya.

Apalagi Donnie Yen pernah tampil di beberapa olahraga Olimpiade, termasuk Tai Chi, Tinju, Wing Chun, Wushu, dan masih banyak lagi.

Karier Donnie Yen

Donnie Yen

Photo :
  • hqdesktop

Diketahui, Donnie Yen saat ini dikenal sebagai aktor Hong Kong, seniman bela diri, sutradara film, produser, koreografer aksi, dan juara turnamen kung-fu dunia berkali-kali.

Namun, semua berawal saat Donnie Yen berkunjung ke Hong Kong dan bertemu dengan koreografer terkenal Yuen Woo Ping tahun 1984.

Kemudian, ia tampil di beberapa film Hong Kong seperti "Shaolin Drunkard", "Mismatched Couples", “New Dragon Gate Inn”, "Hero" dan “Once Upon a Time In China II”.

Kemampuan akting itu membuatnya dilirik studio besar Amerika Serikat Miramax pada periode 2000-an hingga akhirnya memerankan karakter utama dalam film Ip Man pada 2008 lalu.

Film Ip Man merupakan film yang mengikuti kisah hidup dari master beladiri legendaris Wing Chun, Ip Man. Yen membintangi empat film Ip Man dan semua film menjadi sukses besar di seluruh dunia. Sementara itu, Donnie Yen dikenal sebagai aktor yang sering membuat koreografi MMA di banyak filmnya. Bahkan kini, ia diakui sebagai salah satu bintang film terbesar di Hong Kong dan Asia.

Profil dan Agama Donnie Yen

Donnie Yen dan Cecilia Wang

Photo :
  • Instagram.com/donnieyenofficial

Nama Lengkap: Donnie Yen

Tempat, Tanggal Lahir: Guangzhou, pada 27 Juli 1963

Orangtua: Klyster Yen dan Bow-sim Mark

Istri: Cissy Wang

Agama: Kristen

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya