Lulus SMA Dul Pilih jadi Musisi, Maia: Tak Sekolah Tetap Bisa Sukses

Maia Estianty, Dul, dan Ahmad Dhani
Sumber :
  • Instagram.com/maiaestiantyreal

VIVA – Setelah menyelesaikan pendidikannya di SMA, putra bungsu dari pasangan Maia Estianty dan Ahmad Dhani, Dul Jaelani ternyata tidak memilih untuk melanjutkan pendidikannya ke bangku kuliah. Dia, lebih memilih untuk berkarier di dunia musik dengan merilis single terbarunya.

Heboh Uang Jajan Anak Artis, Arie Untung dan Fenita Arie Terapkan Kesederhanaan

Menanggapi hal tersebut, ibu kandung Dul, Maia Estianty tidak mempermasalahkannya. Meski sempat akan menyekolahkan Dul ke Amerika, namun akhirnya Maia menyerah dengan Dul yang ternyata lebih memilih untuk bermusik.

“Gini ya, pendidikan itu ada yang otak kiri dan otak kanan. Kebetulan Dul otak kanan, kalau mau sekolah ya di Amerika yang bagus, cuma kan dia mau berkarier di sini,” ujar Maia saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Selatan, Kamis, 30 Juli 2018.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Menurut Maia, pendidikan itu tidak hanya bisa diraih dari bangku kuliah saja. Berkarier dalam dunia musik dan bertemu dengan orang-orang berpengalaman dalam dunia musik merupakan pembelajaran tersendiri yang didapatkan oleh anak bungsunya itu. Bahkan Maia menilai, bertemu dengan orang yang berpengalaman lebih mahal harganya daripada membaca buku.

Penyanyi kelahiran Surabaya itu juga menganggap bahwa keahlian Dul dalam bermusik merupakan anugerah yang luar biasa dalam hidupnya. Bagaimana tidak, Dul memperoleh kemampuan itu tidak melalui bangku sekolah.

Bingung Pilih Sekolah untuk Anak? Ini 5 Tipsnya

“Sekarang bayangkan saja seandainya belajar not balok belum tentu bisa, tapi Dul sudah mengaransemen musik dengerin dari orang tuanya. Itu anugerah yang belum tentu semua orang punya,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Maia juga sampai mencontohkan dengan apa yang ia alami dan rasakan. Setelah jauh-jauh kuliah, Maia mengatakan ketika saat ini jadi musisi, ijazahnya tidak terpakai. Pendidikan belum tentu membuat orang sukses.

“Dulu saya bukan sekolah musik, sekolah jauh-jauh ke UI malah jadi musisi. Jadi ijazah saya enggak kepakai, dan itu pilihan. Jadi enggak bisa dijadikan patokan. Enggak sekolah bukan berarti enggak sukses,” ujar Maia kepada media.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya