Aktor Daniel Dae Kim Sembuh dari COVID-19 Tanpa ke Rumah Sakit

Daniel Dae Kim.
Sumber :
  • Instagram/danieldaekim

VIVA – Aktor Amerika, Daniel Dae Kim belum lama ini mengumumkan bahwa ia positif COVID-19. Ia kembali dengan kabar bahagia lewat akun Instagram pribadinya dan mengatakan, kondisinya membaik.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Setelah dinyatakan positif, Daniel tidak dirawat di rumah sakit dan hanya menjalani karantina diri di rumahnya. Ia juga minum obat yang diberikan oleh dokter pribadinya hingga sembuh. Daniel mengaku kini dirinya sudah dapat kembali berinteraksi dengan seluruh anggota keluarganya.

Ia mengonsumsi obat, salah satunya klorokuin, obat malaria yang disarankan oleh Dr. Anthony Fauci beberapa waktu lalu. Meski belum teruji, tetapi sejak meminum obat itu Daniel mengaku merasa lebih baik.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Dia mengatakan bukti bahwa obat itu menjanjikan adalah anekdotal, dan itu benar. Itu berarti (obat tersebut) tidak dipelajari dan itu hanya berdasarkan pengalaman pribadi. Nah, aku telah merasakannya berdasarkan pengalaman pribadi karena aku merasa lebih baik," kata Daniel dalam video itu.

Aktor Always Be My Maybe ini merasa bisa sembuh dengan cepat dari COVID-19 karena langsung mengonsumsi obat itu, sesaat ketika suhu badannya mulai naik. Ia mengatakan, salah satu kunci penyembuhan cepat karena menyadari sejak awal gejalanya.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Terkait obat klorokuin yang sedang dibahas efektivitasnya, Daniel Dae Kim mengingatkan, bahwa testimoninya hanya berdasarkan pengalaman dan tidak punya dasar keilmuan. Ia juga meminta agar semua orang harus terlebih dahulu berkonsultasi pada dokter masing-masing.

Daniel Dae Kim juga mengungkapkan, ia tak akan dicek ulang, meski ia sangat menginginkannya, sebelum benar-benar bisa menghirup udara bebas.

Kondisinya tidak memungkinkan, sebab pemeriksaan sangat terbatas. Daniel pun lebih memprioritaskan orang lain yang belum melakukan tes COVID-19.

"Ini terus menjadi masalah serius di negara kita yang mencatat kekurangan pasokan medis. Ini membingungkanku, mengingat kita punya beberapa bulan lebih awal untuk mempersiapkan wabah ini," tutupnya.

Namun petugas kesehatan mengatakan, dia sudah dibilang sembuh jika sudah memenuhi semua syarat pemulihan. Saat ini, Daniel Dae Kim sudah diperbolehkan berinteraksi dengan keluarganya seperti biasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya