Jadi Transgender, Dena Rachman Ungkap Kehidupannya Semasa Sekolah

Dena Rachman.
Sumber :
  • Instagram @denarachman

VIVA – Mantan artis cilik, Dena Rachman baru-baru ini secara jujur menceritakan tentang perjalanan hidupnya dalam channel YouTube Daniel Mananta. Dalam video tersebut, Dena yang bernama asli Renaldy Denada Rachman itu juga bercerita bagaimana dia akhirnya memutuskan untuk menjadi transgender.

5 Rekomendasi Acara Perpisahan Sekolah Unik dan Berkesan Tanpa Harus Jauh-Jauh!

Dijelaskan Dena, bahwa perubahan tersebut terjadi bukan secara tiba-tiba.

"Transisi gue bertahap, prosesnya panjang. Bukannya tiba-tiba," kata Dena, dikutip VIVA, Senin, 16 November 2020.

Wali Murid Ungkap Perpisahan SMK Lingga Kencana Biasanya Digelar Dekat Sekolah

Dena Rachman menjelaskan bahwa sejak kecil dia sudah merasa ada yang berbeda dengan dirinya. Perasaan itu mulai terasa saat dia memasuki SMP, yang kala itu teman-temannya menyadari ada yang berbeda dari Dena.

"Waktu SMP gue mulai curhat. Kelas 2 SMP, teman gue datang ke gue. ‘Udah deh, jujur sama kita. Kita bisa ngerasin kok. Lo udah deh jangan pura-pura'. Waktu itu takut, enggak ngerti. Bingung juga harus gimana. Akhirnya ya udah deh," kata Dena.  

Sekolah-sekolah di Mimika Antusias Ikuti Workshop Keamanan Digital

Dena Rachman.

Photo :
  • Instagram @denarachman

Dijelaskan oleh Dena, itu merupakan pertama kalinya dia jujur dengan kondisinya dan dapat berekspresi di sekolah. Dari situ pula dia bisa dekat dengan teman-temannya baik perempuan maupun laki-laki.

"Itu pertama kali mungkin gue come out to publik sama teman gue, bukan keluarga. Pertama kali gue bisa berekspresi di sekolah zaman SMP. Kebetulan juga SMP lumayan open minded teman gue juga,” ucapnya.

“Awalnya bercanda, tapi lama-lama dekat aja. Mungkin karena gue apa adanya, jadi akhirnya teman gue enggak cuma cewek, tapi cowok juga," tambah Dena.

Ketika masuk kuliah, dia juga semakin menunjukkan preferensinya. Salah satunya dengan penampilannya.

"Waktu gue ke kampus, gue pake skinny jeans, baju distro, kemeja floral, sepatu loafer, di situ mulai. Dalamannya tanktop," ujar Dena Rachman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya