Mengenang Junaedi Salat, dari Ali Topan Anak Jalanan Jadi Pendeta

Junaedi Salat.
Sumber :
  • Facebook

VIVA – Aktor senior, Junaedi Salat meninggal dunia pada hari ini, Senin 18 Januari 2021. Aktor yang dikenal lewat perannya di film Ali Topan Anak Jalanan itu, menghembuskan napas terakhir di RS PGI Cikini, Jakarta. 

Innalillahi, Aktor Iqbal Pakula Meninggal Dunia

Kabar duka tersebut pertama kali diketahui melalui pesan yang disebarkan oleh kerabat Junaedi Salat, Mulyo P.

"Telah dipanggil kembali ke rumah Bapa sorgawi : Bpk. Djunaedi Salad hari ini, Senin, 18 Jan.2021, pukul 20.09, di RS PGI Cikini," demikian isi pesan tersebut yang diterima VIVA. 

Aktor Drama Korea Weak Hero Class 1, Na Chul Meninggal Dunia

Dihimpun dari berbagai sumber, Junaedi Salat lahir di Lampung pada 1950. Setelah menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Menengah Pertama (SMP), Junaedi pindah ke Jakarta dan melanjutkan pendidikan hingga tamat SMA. 

Kariernya sebagai aktor diawali saat dia bekerja di Taman Ismail Marzuki sebagai pengurus gedung, sambil bersekolah. Dia kemudian mendapat tawaran untuk bermain film dan langsung mendapat peran utama di film Aku Tak Berdosa di tahun 1972, bersama aktris Dewi Puspa. 

Profil Jason David Frank, Power Rangers Hijau Idola Anak-anak pada Masanya

Dua tahun berselang, tepatnya pada 1974, Junaedi beradu akting dengan aktris Yenny Rahman, untuk membintangi film kedua, berjudul Susana

Namun, di antara beberapa judul film, salah satu yang sangat populer dan mendulang sukses besar adalah saat Junaedi Salat membintangi film Ali Topan Anak Jalanan di tahun 1977, bersama Yati Octavia. 

Selain menjadi aktor, Junaedi Salat juga ikut menulis lirik lagu Sabda Alam bersama almarhum Yockie Suryoprayogo dan lagu tersebut dinyanyikan oleh almarhum Chrisye.

Sepanjang hidupnya, seniman sekaligus aktor tersebut sukses menelurkan beberapa album musik, di antaranya, Burung Camar, Joni Teler, Vonny Sumlang, album Guruh Soekarno Putra Gilang Indonesia Gemilang, album Chrisye Percik Pesona, dan masih banyak lagi. 

Sedangkan beberapa judul film yang pernah dibintangi, antara lain Pacar Pilihan (1975), Puber (1978), Mencari Cinta (1979), Colak Colek (1979), Gita Cinta dari SMA (1979), Remaja di Lampu Merah (1979), Gadis Kampus (1979), Di Ujung Malam (1979), dan masih banyak lagi.

Setelah meninggalkan dunia hiburan, Junaedi Salat diketahui menghabiskan sisa hidupnya sebagai seorang pendeta.

Selamat jalan Junaedi Salat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya