Perjalanan Karier Artis Legendaris, Cloris Leachman

Cloris Leachman
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Pemenang Academy Award Cloris Leachman, meningal dunia pada usia 94 tahun. Ia merupakan salah satu artis legendaris, terkenal karena berperan sebagai tetangga usil Phyllis di The Mary Tyler Moore Show.

Cillian Murphy Kembali Perankan Tommy Shelby di Film Peaky Blinders

Dikatakan juru bicara Monique Moss, penyebab kematian sendiri karena faktor usia saat berada di rumahnya di Encinitas, California. Di masa hidupnya, menelurkan banyak karya dengan capaian yang luar biasa. Bagaimana perjalanan kariernya? Berikut yang berhasil dirangkum.

Penghargaan Emmy

Hadir di Piala Oscar 2024, Billie Eilish Kenakan Pin Dukung Genjatan Senjata di Palestina

Dikutip dari NBC, deretan kemenangan Leachman yakni delapan Penghargaan Emmy dalam karir televisinya yang terkenal. Leachman, yang dilantik ke dalam Hall of Fame Academy of Television Arts & Sciences pada tahun 2011, memenangkan penghargaan untuk aktris pendukung terbaik dalam serial komedi pada tahun 1974 dan 1975 untuk karyanya sebagai tetangga sombong Moore, Phyllis Lindstrom. Pertunjukan dan karakternya begitu populer sehingga Leachman dipisah menjadi pertunjukannya sendiri, Phyllis.

Dia memenangkan Emmy tahun 1973 untuk aktris terkemuka terbaik dalam film TV A Brand New Life, berperan sebagai ibu pertama kali di usia paruh baya, tindakan yang berani di era tersebut. Kemenangan Emmy lainnya termasuk penghargaan pada tahun 1975 untuk aktris pendukung terbaik dalam berbagai variasi atau musik untuk karyanya di Cher, pada 1984 untuk penampilan variasi terbaik dalam Perayaan Ulang Tahun ke-50 Screen Actors Guild.

Daftar Lengkap Pemenang Piala Oscar 2024, Oppenheimer Menang Besar

Selanjutnya, pada  1988 untuk aktris terbaik dalam peran tamu. Penggemar TV yang lebih muda mungkin paling mengenal Leachman untuk Malcolm in the Middle sebagai nenek Malcolm yang licik. Pertunjukan Malcolm mendapatkan Emmy Awards pada tahun 2002 dan 2006 untuk aktris tamu terbaik dalam sebuah komedi.

Raih piala Oscar

Leachman juga memenangkan Oscar, mendapatkan penghargaan untuk aktris pendukung terbaik dalam The Last Picture Show. Dia berperan sebagai Ruth Popper, istri kesepian dari pelatih sepak bola sekolah menengah kota.

Tak pernah siapkan pidato kemenangan

Leachman selalu meyakini tiap mendatangi malam penghargaan, kerap dengan asumsi tidak akan pulang dengan piala. Kenyataannya malah berbeda. Hampir selalu piala Emmy malah dikantonginya.

"Saya tidak pernah berpidato karena saya tidak pernah berpikir saya akan menang," kata Leachman kepada akademi TV dalam wawancara tahun 2015.

"Tetapi jika Anda pandai dalam apa yang Anda lakukan, dan saya selalu berniat untuk menjadi baik dalam apa yang saya lakukan, maka pujian itu hanyalah tindak lanjut. Tapi itu adalah perasaan yang luar biasa," katanya.

Mulai sulit bergerak

Leachman mengaku mulai 'melambat' dalam beberapa tahun terakhir. Dalam wawancara 2015 dengan acara TODAY NBC, dia berjuang untuk bangkit dari kursi.

"Saya akan bangun. Ini sangat sulit. Saya bisa sejauh ini," kata Leachman, yang saat itu berusia 89 tahun, meletakkan tangannya di lengan kursi dan mendorong dirinya sendiri beberapa inci sebelum membeku.

Bahkan dengan tubuh yang lebih lambat, Leachman menunjukkan bahwa pikiran komedinya tetap tajam seperti biasanya dengan waktu yang tepat.

Sosok vegetarian dan pencinta binatang

Leachman, yang lahir dan besar di Iowa, termasuk di antara banyak aktor terkenal belajar di Universitas Northwestern. Dia pindah ke pinggiran Chicago dan berkompetisi dalam kompetisi Miss America 1946 sebagai Miss Illinois.

"Dia sangat mencintai anak-anaknya dan cucu-cucunya," kata manajer lama Leachman Juliet Green dalam sebuah pernyataan setelah kematiannya. 

"Seorang vegetarian seumur hidup, dia adalah seorang pembela hak-hak hewan yang bersemangat. Keluarga tersebut meminta agar setiap sumbangan atas namanya diberikan ke PETA atau Kesempatan Terakhir untuk Hewan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya