Profil Paing Takhon, Aktor Ganteng Myanmar Ditangkap Militer

Paing Takhon
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Militer Myanmar menangkap Paing Takhon, seorang selebriti yang secara terbuka mendukung protes anti-kudeta Myanmar, Kamis pagi, 8 April 2021. Penahanannya dilakukan sebagai bagian dari tindakan keras yang meluas terhadap tokoh media dan artis di negara itu.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Paing Takhon, aktor Myanmar dengan jutaan penggemar di Asia Tenggara jadi sorotan saat ditangkap oleh militer. 

Aktor berusia 24 tahun, yang secara terbuka mendukung protes anti-kudeta Myanmar. Karena hal itu, ia ditangkap pada Kamis pagi di rumahnya di distrik North Dagon di Yangon.

30 Killed Over Heatstroke Hit Thailand

Dikutip laman dw.com, sedikit membahas tentang profil Paing Takhon, dia merupakan selebritas populer di Myanmar dan Thailand. Sebagai selebriti dia juga aktif mengikuti rapat umum bahkan sering menginformasikan banyak hal di laman media sosialnya. Namun, halaman Facebook dan akun Instagram-nya, yang memiliki lebih dari satu juta pengikut, telah dihapus.

"Karena dia sakit parah, mereka menangkapnya dengan tenang tanpa kekerasan. Kami tidak tahu ke mana dia dibawa," tulis saudara perempuannya Thi Thi Lwin di Facebook.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

"Dia telah secara aktif berbicara menentang kudeta militer sejak awal Februari," tweet Gerakan Pembangkangan Sipil Myanmar.

"Junta sekarang menangkap petugas medis, insinyur, pelajar, pekerja, dan akhirnya aktor, " lanjut cuitan di Twitter dengan tagar #WhatsHappeningInMyanmar". Selengkapnya baca di halaman berikutnya. 

Mengenai penangkapan sejumlah selebriti di Myanman, sejumlah artis pun ikut menyuarakan protesnya. 

"Bebaskan para artis !! Bebaskan Paing Takhon, Win Min Than, Ye Tike, Lu Min, Saw Phoe Khwar, Min Htin KoKo Gyi dan Zarganar yang menggunakan platform mereka untuk menyuarakan kebenaran. Doakan keselamatan mereka dan bersuara untuk mereka," aktris May Toe Khine berkicau. 

Karier Paing Takhon

Paing Takhon memulai kariernya di dunia hiburan sebagai model catwalk pada tahun 2014, dan tak lama kemudian mulai berakting untuk iklan TV dan video musik. Dia meluncurkan album solo pertamanya pada tahun 2017, dan pada tahun yang sama, mengambil peran utama pertamanya dalam film "Midnight Traveler".

Dia juga pernah masuk dalam daftar "100 Wajah Paling Tampan 2020" dari TC Candler, "10 Aktor Teratas" Myanmar Times pada tahun 2019, dan ""23 Stunning South Asian Men That Are Too Gorgeous For Words" di 2018 dari Buzzfeed.

Takhon juga menjadi bintang untuk beberapa merek terkenal, termasuk Pond's Myanmar, dan kemudian Oppo, operator seluler Telenor dan Sunkist. Selengkapnya baca di halaman berikut.

Terkenal di Thailand

Pada 2019, Takhon semakin terkenal di negara tetangga, Thailand. Ini merupakan prestasi yang luar biasa untuk seorang selebriti dari Myanmar.

Tahun itu, ia mulai tampil dalam iklan dan acara televisi di Thailand, dan kemudian menjadi duta Komunitas Ekonomi ASEAN. Dia menjadi sangat populer pada September 2019. 

Awal tahun 2021 ini, foto Takhon menjadi viral, setelah ia mengunggah foto dirinya dengan kepala gundul dan mengenakan jubah biksu berwarna merah anggur.

"Benar-benar keputusan yang sulit bagi saya untuk melepaskan rambut saya karena itu adalah salah satu pengaruh saya terhadap penggemar saya," katanya kepada Coconuts Yangon pada Januari. 

"Tetap saja, saya ingin membuat ibu saya bahagia karena ini impiannya, ingin putranya untuk menjadi biksu seumur hidupnya."

Militer Myanmar telah menerbitkan daftar 120 selebritas yang dicari untuk ditangkap, termasuk beberapa penyanyi, aktor, dan model. Para bintang menghadapi tuduhan menyebarkan perbedaan pendapat, dan bisa menghadapi hukuman penjara bertahun-tahun jika terbukti bersalah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya