Tuai Kontroversi, Lawakan Komeng Disebut Rendahkan Perempuan

Pelawak Komeng
Sumber :
  • Tanggapan layar video YouTube

VIVA – Nama pelawak senior Komeng mendadak jadi bahan perbincangan netizen di jejaring sosial Twitter. Komedian yang identik dengan idiom "Uhuuy!" tersebut rupanya menarik perhatian para netizen +62.

5 Alasan SEA Games 2023 Kamboja Disebut Lawakan oleh Warganet Indonesia

Hal ini mengemuka lantaran sebuah video dari salah satu program komedi televisi The Sultan Entertainment yang mendadak viral usai Komeng melempar jokes yang dianggap merendahkan perempuan.

Komeng yang tampil dalam sebuah sketsa bersama Marshel Widianto, dituding sejumlah netizen telah melontarkan jokes lawakan yang dirasa kurang patut dan terkesan melukai perasaan kaum perempuan.

Lawakan Komeng Disebut Rendahkan Perempuan, Ardhito Pramono Ditangkap

Dalam cerita tersebut, dikisahkan Komeng yang berperan sebagai seorang ayah yang memiliki anak perempuan. Saat itu, anak perempuan hendak izin pergi ke toilet.

Secara spontan, Komeng justru menyambut adegan tersebut dengan rangkaian kalimat yang mengejutkan.

Kelakar Komeng ke Rossi: Ngambil Uang Pensiun Bareng Ya

Marshel Widianto yang juga berada di set studio yang sama bertanya, Komeng mau pergi kemana, karena secara tiba-tiba out dari set.

“Saya mau jagain anak saya, takut ada yang ngintip. Daripada orang lain yang ngintip mending bapaknya yang ngintip,” ujar Komeng saat melempar jokes tersebut di menit ke 10.15, dikutip dari video di salah satu channel YouTube, Selasa 11 Januari 2022.

Lawakan Komeng di akhir video tersebut ("mending bapaknya yang ngintip") ternyata mengundang reaksi beragam dari netizen, terutama di media sosial Twitter.

Guyonan tersebut lantas mengundang komentar pro dan kontra dari warganet. “Cancel Komeng” menjadi perbincangan hangat di laman Twitter.

Sebuah akun twitter @AREAJULId mengunggah sebuah foto yang berisikan tulisan, di mana dirinya seakan tidak percaya dengan apa yang dikatakan Komeng.

Namun, tak sedikit pula netizen millenial menganggap bahwa jokes Komeng tersebut merupakan gaya komedi satir. Hal tersebut seolah menanggapi kasus pelecehan dan ketidakadilan pada perempuan marak terjadi saat ini.

“Wkwkwk ,padahal kata2nya pakai “bapak” bukan “saya” isu yg lg rame kan bapak pelecehan ke anak ,ni gak sekalian joke2 komeng ke adul n daus mini diangkat lg dah tuh sekalian dimasalain bodi seming , bener2 nih gen z ribet bet dah ,mending dengerin kunto aja yg rehat sono,” tulis akun @davit_alaba.

“Kayanya ini satir/sarkas, dan juga komeng ini kan komedian lama, jadi mungkin masih kebawa jokes jokes(?) nya yang dulu. Dan, buat yang komen “orang sekarang baperan/gampang tersinggung” “ini jokes lama. HEI, JAMAN SEKARANG TUH UDAH BEDA BUANGET SAMA JAMAN DULU JAMAL,” ungkap akun @itsme_ichaa0.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya