6 Artis yang Memutuskan Jadi Pendakwah, Ada Kiwil dan Daus Mini

Kiwil
Sumber :
  • IG @kiwilcomedy

VIVA – Dunia hiburan Tanah Air tampaknya tidak selalu menjadi pilihan hidup satu-satunya untuk beberapa selebriti. Saat popularitas sudah diperoleh, mereka justru lebih memilih untuk menjadi seorang pendakwah untuk menyebarkan ajaran agama Islam. Awalnya mereka bekerja di dunia hiburan Tanah Air dengan menjadi seorang model sampai bermain film serta sinetron. Perjalanan spiritual seseorang memang tak ada yang tahu. 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Tidak terkecuali dengan para artis Tanah Air yang memutuskan untuk menjadi pendakwah setelah meninggalkan dunia gemerlap tersebut. Awalnya, nama artis cantik yang satu ini sering menghiasi layar kaca, seperti bermain sinetron, model majalah, sampai bernyanyi. Seiring berjalannya waktu, mereka pun memutuskan untuk banting setir dan tempuh jalan dakwah. Nah, berikut ulasan tentang artis yang memutuskan jadi pendakwah yang dikutip dari berbagai sumber. 

1. Akri Patrio

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Akrie Patrio

Photo :
  • Google

Salah seorang personel grup lawak Patrio, Akri adalah salah seorang artis yang memutuskan jadi pendakwah. Nama Akri turut melejit bersama dengan grup lawaknya bersama Parto dan Eko, setelah mengisi berbagai acara di layar kaca. Sekitar 10 tahun belakangan, Akri mulai berhenti dari dunia hiburan Tanah Air. 

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Lelaki kelahiran Pandeglang, Banten itu kini lebih sering mengisi kesibukannya dengan berdakwah. Pemilik nama lengkap Muhammad Akri Falaq ini juga pernah bermain dalam sinetron religi yang berjudul Para Pencari Tuhan beberapa tahun lalu. Saat itu, ia beradu akting dengan Deddy Mizwar dan Zaskia Adya Mecca. 

2. Derry Sulaiman

Ustaz Derry Sulaiman

Photo :
  • Instagram @derrysulaiman

Artis yang memutuskan jadi pendakwah berikutnya adalah seorang mantan gitaris band metal Betrayer, Derry Sulaiman. Derry mulanya hengkang dari grup band yang mempopulerkan lagu Bendera Kuning ini di tahun 1998 untuk pindah ke Bali. Setelah pindah ke Bali, Derry merasakan kejenuhan di dalam hidupnya dan memilih untuk berhijrah. 

Ia juga memakai sarana lagu untuk menyebarkan syariat Islam seperti dalam lagu Dunia Sementara Akhirat Selamanya dan Suara Langit. Walaupun banyak menuai kritikan karena berdakwah lewat musik, lelaki kelahiran Solok ini mengemukakan pendapatnya. Ia menyebut bahwa musik untuk berdakwah bukan sesuatu yang haram. 

3. Peggy Melati Sukma

Peggy Melati Sukma.

Photo :
  • Viva.co.id/Nuvola Gloria

Peggy Melati Sukma juga menjadi salah seorang artis yang memutuskan jadi pendakwah. Pemain sinetron berjudul Gerhana ini memilih untuk memakai penutup kepala setelah bercerai dengan mantan suaminya yang bernama Wisnu Tjandra pada 2012 silam. Ia menyebut bahwa keputusan berhijrah dan menutup auratnya dengan hijab bukan perkara mudah. 

Peggy bahkan menyebut butuh waktu selama tiga tahun sampai akhirnya ia mantap berhijrah. Ia kini sudah mantap untuk memakai cadar. Ia sudah meninggalkan panggung hiburan Tanah Air dan memilih untuk berada di jalan Allah dengan berdakwah dan menyebarkan ajaran agama Islam. 

4. Kiwil

Kiwil

Photo :
  • IG @kiwilcomedy

Komedian Wildan Delta atau Kiwil belakangan ini semakin mendalami ajaran agama Islam. Bahkan, Kiwil juga pernah berdakwah di beberapa acara pengajian. Artis yang memutuskan jadi pendakwah ini belum meninggalkan dunia hiburan sepenuhnya. Bahkan, ia berniat untuk menjadikan panggung hiburan sebagai sarana untuk berdakwah. 

Ia juga disebut-sebut sudah mengajak beberapa komedian untuk menyampaikan materi komedi secara santun. Kiwil pernah mencontohkan ketika mencela orang di atas panggung, tapi dengan memakai cara yang baik. 

5. Daus Mini

Daus Mini

Photo :
  • Aiz Budhi/VIVA

Daus Mini juga menjadi salah seorang artis yang memutuskan jadi pendakwah dan fokus bergabung dengan sebuah komunitas dakwah Islam bernama Komdak atau Komedi Dakwah. Bersama dengan beberapa ustadz dan pelawak lain yang tergabung dengan Komdak. Daus kini rajin melakukan kegiatan syiar agama ke berbagai majelis maupun pengajian. 

Daus Mini awalnya dikenal sangat dekat dengan gemerlap dunia hiburan Tanah Air dan kehidupan malam. Ia pada akhirnya memutuskan untuk meninggalkan dunia keartisan dan lebih fokus untuk berdakwah. Ia pernah mengatakan bahwa untuk menjadi seorang pendakwah tidaklah mudah, karena harus menghadapi berbagai godaan dan cobaan. 

6. Ginanjar

Komedian Ginanjar

Photo :
  • Ferco.com

Selebriti lain yang juga memutuskan untuk menjadi pendakwah adalah Ginanjar Soekmana. Mantan anggota grup lawak Empat Sekawan ini bahkan memakai lawakan sebagai media dalam mengajarkan Islam. Menurut dia, melawak adalah perbuatan mulia sehingga ia bisa menyelipkan nilai-nilai agama Islam di sela-sela lawakannya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya