10 Fakta dan Misteri Michael Jackson, Sang Raja Pop Dunia

Michael Jackson
Sumber :
  • dok. instagram

VIVA – Michael Jackson adalah nama yang tidak perlu diperkenalkan lagi, pasalnya seluruh penjuru dunia pasti sudah tidak asing dengan nama tersebut. Dianggap sebagai salah satu musisi pop terbesar sepanjang masa, Michael membuat tanda dalam sejarah musik karena bakat, karisma, dan teka-teki yang dimilikinya. 

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

Kontribusinya pada industri hiburan membuatnya menjadi "Raja Pop" atau "Kaisar Pop", dan dia masih merupakan salah satu penghibur paling berpengaruh dalam sejarah musik pop.

Tidak dipungkiri, penyanyi dan penari di seluruh dunia hingga saat ini masih meniru gerakan tarian ikoniknya. Siapa yang akan melupakan "moonwalk" dan "robot"? Bahkan influencer media sosial di Tiktok dan media sosial lainnya masih meniru langkah sang Raja. Jangkauan Michael memang tak terkalahkan. 

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Bahkan, namanya termasuk yang paling banyak disebut-sebut ketika para seniman modern ditanya tentang pengaruh mereka. Bruno Mars, khususnya, tampaknya sangat dipengaruhi oleh mendiang ikon pop ini.

Dari hitsnya yang terkenal seperti “Smooth Criminal” hingga “Billie Jean”, tidak pernah ada satu momen pun di mana ia gagal memikat penontonnya. Dalam banyak hal, tidak akan pernah ada orang seperti dia di industri musik.

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Foto Terakhir Michael Jackson

Photo :
  • Kevin Mazur/AEG/Getty Images (AP)

Jackson Banyak Menginspirasi

Gaya dan pilihan musik Jackson telah menginspirasi seniman musik lintas generasi. Mulai dari tampil bersama saudara-saudaranya di band bernama 'Jackson 5' hingga menjadi bapak langkah dance 'moonwalk' dan memproduksi belter seperti 'Thriller', 'Billie Jean', 'Black and White', 'Beat It', dia dicintai oleh setiap generasi.

Sangat sedikit orang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan warisan yang begitu besar dan signifikan dalam hidup mereka seperti yang dilakukan Michael Jackson. Terlepas dari kontroversi di sekitarnya, tidak ada keraguan bahwa manusia menciptakan musik yang luar biasa dan karyanya tidak dapat dibayangi oleh satu orang pun.

Jadi seberapa banyak fakta dan misteri Michael Jackson yang kalian ketahui? Berikut ini akan kami beritahu seputar fakta sang Raja Pop dunia ini.

Fakta-fakta Michael Jackson

Pernah Menerima Penghargaan Kemanusiaan dari   Ronald Reagan

Michael Jackson adalah seorang filantropis yang murah hati pada masanya. Dia mendukung kampanye HIV dan AIDS pada saat topik-topik ini berada di puncak kontroversi mereka. Pada tahun 1992, Michael Jackson juga mendirikan Heal The World Foundation.

Yayasan ini didirikan untuk membantu kaum muda yang kurang mampu. Terlepas dari tindakan murah hati ini, Michael Jackson juga berkontribusi pada tujuan kemanusiaan. Penyebab-penyebab ini memberikan kelegaan bagi para korban perang. Dia juga mengadakan tur di negara-negara yang memiliki tingkat AIDS yang tinggi. Ini untuk membantu menyebarkan kesadaran dan membantu mereka yang menderita penyakit ini. Salah satu negara tersebut adalah Afrika .

Michael Jackson Pernah Mencoba Jadi Spider-Man

Selama akhir 1990-an, Michael Jackson berusaha membeli Marvel Comics sehingga dia bisa membuat ulang Spider-Man dalam visinya. Bintang itu memiliki ide ketika Marvel mengumumkan bahwa mereka mengajukan kebangkrutan. Michael Jackson menyatakan dia berniat memainkan peran Spiderman. Banyak penggemar dan pimpinan produksi sangat menentang memberinya peran nanti. Bertahun-tahun kemudian, reboot film Spider-Man menampilkan Tobey Maguire.

Stan Lee telah menyatakan bahwa dia percaya Michael Jackson tidak akan cocok untuk peran Spiderman, karena kurangnya pengalaman aktingnya. Marvel akhirnya kembali ke perdagangan sebelum menjadi lebih sukses melalui Marvel Cinematic Universe.

Seluruh Keluarganya Jadi Saksi Yehuwa

Michael dibesarkan sebagai pengikut Saksi-Saksi Yehuwa, terutama dipengaruhi oleh ibunya. Sama seperti banyak orang yang mengikuti agama, Michael Jackson ingat pergi dari pintu ke pintu selama masa kecilnya dan menjajakan literatur agama. Dia juga menghabiskan waktunya menyebarkan kesadaran akan keyakinannya kepada orang lain di sekitarnya.

Meskipun kedua agama tumpang tindih di daerah tertentu, agama Saksi-Saksi Yehuwa mengikuti tradisi tambahan yang tidak umum dalam agama Kristen. Ini termasuk tradisi seperti tidak merayakan hari raya, ulang tahun, dan juga Natal .

Michael Jackson adalah Anak Kedelapan dalam Keluarganya

Michael adalah delapan dari sembilan bersaudara dalam sebuah keluarga beranggotakan 12 orang. Ia lahir pada tahun 1958 di Gary, Indiana, Amerika Serikat. Dia dibesarkan di rumah tangga dengan dua kamar tidur rata-rata di mana dia harus berbagi sebagian besar barang-barangnya dengan saudara-saudaranya untuk bertahan hidup.

Karena pengaruh kedua orang tuanya, anak-anak Jackson tumbuh besar untuk bekerja di industri hiburan . Pada satu titik, Michael menjadi yang paling terkenal di antara saudara kandungnya, yang membuatnya debut sebagai artis solo. Selama masa kecilnya, Michael Jackson menyatakan bahwa mereka menghabiskan setiap hari dengan musik.

Gerakan Ikoniknya Berkat Sepatu Miliknya 

Michael Jackson menampilkan salah satu gerakan tarian yang paling dikenalnya saat ini, yaitu gerakan condong melawan gravitasi. Selama bertahun-tahun, banyak yang bertanya-tanya bagaimana Michael berhasil melakukan kemiringan 45 derajat tanpa dukungan dari apa pun di atas panggung selain tubuhnya sendiri.

Pada Mei 2018, tim ahli bedah saraf akhirnya mengungkap rahasia di balik gerakan tarian ikonik tersebut. Tim ini menemukan bahwa Michael memanfaatkan sepatu paten khusus yang akan mengunci halangan di atas panggung. Halangan ini akan memungkinkan dia untuk bersandar ke depan 45 derajat tanpa jatuh. Michael Jackson mengkonfirmasi hal ini kemudian ketika sepatu yang sama yang dia gunakan dalam video musik dilelang dengan nilai $600.000.

Gambar Alejandro Sabella dan Michael Jackson, yang merupakan hasil rekayasa.

Photo :
  • 101greatgoals.

Hidung Michael Jackson Pernah Patah Setelah Latihan Nari

Tepat setelah merilis album 1979-nya, Off The Wall , Michael Jackson mengalami kecelakaan. Kecelakaan ini, di kemudian hari, menyebabkan serangkaian peristiwa yang mengubah hidupnya selamanya. Selama latihan tari, Michael jatuh dan hidungnya patah. Karena kerusakan parah yang dialaminya, ia harus menjalani operasi plastik untuk memperbaiki hidungnya agar bisa bernapas dengan normal kembali.

Banyak yang berteori bahwa operasi khusus ini adalah awal dari obsesi Michael Jackson dengan operasi plastik. Michael akan, bagaimanapun, menyangkal klaim tersebut selama wawancara. Selama berbulan-bulan sejak kejadian itu, beberapa penggemar juga memperhatikan bahwa hidung Michael Jackson terus tumbuh lebih ramping selama beberapa bulan. Warna kulitnya juga berubah drastis setelah beberapa waktu yang membingungkan semua orang.

Selebriti Tertagih di Dunia

Bahkan setelah kematiannya, Michael Jackson tetap menjadi salah satu selebriti paling populer dalam sejarah modern. Beberapa penggemar terus mengabdikan diri untuk mengumpulkan memorabilia dan pernak-pernik yang berhubungan dengan Raja Pop, lebih dari satu dekade setelah kematiannya.

Barang-barang yang dimiliki atau terkait dengan Michael sering kali dijual di lelang pribadi, yang mengumpulkan beberapa ribu dolar. Beberapa item ini termasuk kostum resmi yang ia kenakan di video musik dan konsernya. Ini termasuk setelan merah ikoniknya di video musik Thriller dan sarung tangan putih yang sering ia kenakan dengan beberapa pakaian lainnya. Setelah kematiannya, total kekayaan bersih Michael Jackson mencapai $2,1 miliar.

Pertama Kali Tampil Usia Lima Tahun

Michael Jackson dianggap sebagai anak ajaib karena bakat musiknya yang jelas. Pada tahun 1964, ia menjadi bagian dari sebuah band yang terdiri dari empat kakak laki-lakinya yang disebut Jackson 5. Mereka memulai debutnya di bawah pembinaan dan manajemen ayah mereka, Joe Jackson.

Setelah bertahun-tahun berbuah dengan saudara-saudaranya, Michael melanjutkan karir solonya pada tahun 1971, dimulai dengan bernyanyi di bawah Motown Records. Pada awal 1980-an, Michael Jackson sudah menjadi tokoh dominan dalam musik pop, berkat kecakapan menari dan kemampuan menyanyinya yang tak tertandingi.

Salah Satu Penghibur Sepanjang Sejarah

Pada puncak karir musiknya, Michael Jackson sering disebut sebagai salah satu bintang terbesar di industri musik modern. Banyak pakar hiburan menyebutnya sebagai raksasa yang tak terhentikan. Suaranya menjadi langsung dikenali sementara keterampilannya dengan cepat memungkinkan dia untuk mendominasi tangga lagu musik hit demi hit. Dia juga dikenal karena gerakan tariannya yang menjadi trendsetter, yang tetap menjadi ikon hingga hari ini.

Gerakan tarian ini termasuk moonwalk-nya yang terkenal dan kemiringan sudut 45 derajat yang ditampilkan dalam video musik dan penampilannya. Beberapa ikon yang banyak dibandingkan Michael Jackson untuk memasukkan tindakan besar seperti The Beatles dan Raja Rock, Elvis Presley sendiri.

Dia Membiarkan Media Menyebarkan Berita Palsu Tentangnya

Orang-orang menganggap Michael Jackson sangat tertutup tentang hidupnya. Dia jarang repot-repot mengoreksi media mengenai tuduhan dan teori yang dibuat terhadapnya. Akibatnya, banyak penggemarnya dan juga publik berspekulasi dan membuat teori sendiri mengenai kepribadian misterius Michael Jackson.

Sementara beberapa teori ini memiliki bukti yang dapat dianggap benar, tidak ada yang sepenuhnya yakin tentang jenis kehidupan yang dijalani Michael. Michael tidak pernah mengkonfirmasi rumor apa pun, tetapi dia diketahui menolak klaim palsu tentang penampilannya. Karena Michael Jackson tidak mencegah media untuk melakukan apa yang mereka inginkan, ia harus menghadapi beberapa tindakan hukum selama akhir karirnya sebagai seorang seniman.

Michael Jackson Tinggalkan Banyak Utang Besar Usai Meninggal 

Ketika Michael Jackson meninggal pada usia 50 tahun 2009, artis terkenal itu meninggalkan utang sekitar $400 juta yang ia pinjam ke beberapa pihak. Menurut seorang akuntan forensik, mereka memaksa Michael Jackson untuk membayar pembayaran utang tahunan sebesar $30 juta setiap tahun. Namun, dia tidak bisa membayar karena kebiasaan belanjanya yang mewah untuk perhiasan dan properti lainnya.

Michael Jackson juga dikatakan menerima royalti dari musiknya setiap tahun. Pada catatan yang lebih positif, ia menggunakan royalti untuk melunasi utangnya pecahan demi pecahan. Namun demikian, Michael mencapai hutang yang sangat mengkhawatirkan dengan hutang yang berasal dari tahun 1994, yang dengan cepat tumbuh menjadi lebih dari $400 juta selama bertahun-tahun.

Misteri Michael Jackson

Kehidupan Pribadi

Michael Jackson menjalani kehidupan pribadi yang menarik, jika agak aneh. Dia tinggal di sebuah kompleks besar yang dia beri nama Neverland Ranch, setelah tanah tempat karakter fiksi Peter Pan tinggal. Neverland adalah bagian dari rumah, bagian dari taman hiburan. Peternakan memiliki kebun binatang, rel kereta api, dan wahana seperti kincir ria, roller coaster, mobil bemper, dan korsel. Michael menikah dua kali. Pernikahan pertamanya adalah dengan Lisa Marie Presley, putri penyanyi rock terkenal Elvis Presley

. Pernikahan keduanya adalah dengan seorang asisten perawat bernama Debbie Rowe. Dia memiliki dua anak, Michael Joseph Jackson dan Paris-Michael Katherine Jackson, dengan Debbie sebelum mereka bercerai. Michael juga memiliki anak ketiga, Pangeran Michael Jackson II, tetapi identitas ibunya tidak diketahui.

Mengubah Penampilan

Michael juga terkenal karena mengubah penampilannya. Selama bertahun-tahun hidungnya menjadi lebih tipis, wajahnya berubah bentuk, dan warna kulitnya menjadi lebih cerah. Beberapa orang berpikir bahwa dia tidak menyukai penampilannya karena pelecehan dari ayahnya di usia muda. Ada juga beberapa perdebatan tentang bagaimana warna kulitnya berubah. Bagaimanapun, dia tampak sangat berbeda seiring berjalannya waktu.

Kematian

Michael meninggal karena serangan jantung pada 25 Juni 2009. Dia berusia lima puluh tahun. Serangan jantung itu kemungkinan disebabkan oleh obat-obatan yang dia konsumsi untuk membantunya tidur.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya