Bukan Kaleng-kaleng, 5 Artis Indonesia Ini Memiliki Gelar Doktor

Oki Setiana Dewi.
Sumber :
  • Instagram @okisetianadewi

VIVA Showbiz – Mendapatkan gelar doktor atau Strata 3 tentu saja bukan sesuatu yang mudah. Tapi, hal ini bukan tidak mungkin seperti beberapa artis ini yang justru bisa mendapatkan gelar tersebut di tengah kesibukannya bekerja di dunia hiburan Tanah Air. Bahkan, menjadi seorang artis yang bergelimang harta, biasanya membuat mereka tidak terlalu peduli akan status pendidikan

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Tapi, beberapa orang di kalangan selebriti ini menepis hal tersebut dengan meraih gelar doktor meski sudah terkenal dan mempunyai banyak harta. Pendidikan adalah salah satu kebutuhan manusia, tapi dalam jenjang pendidikan doktor adalah yang tertinggi. Seseorang harus menempuh pendidikan selama kurang lebih 4 tahun untuk mendapatkan gelar S3 ini. 

1. Chintya Sari

3 Tips Sukses bagi Generasi Muda, Panduan Lengkap untuk Meraih Profit Stabil

Chintya Sari

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Penyanyi dangdut yang juga pernah merambah sebagai seorang co-host mendampingi Tukul Arwana yang disiarkan dalam sebuah stasiun televisi swasta ini ternyata juga bergelar doktor. Walaupun belakangan ini namanya memang jarang muncul di layar kaca, tapi prestasi pendidikan Chintya Sari ini patut diapresiasi. 

Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

Diketahui, dia sudah menyelesaikan pendidikan S3 di Universitas Padjadjaran, Bandung dengan mengambil program studi psikologi. Sebelum itu, ia sempat menyelesaikan pendidikan S1 dengan mengambil jurusan manajemen kemudian dilanjutkan ke jurusan ilmu komunikasi dalam S2 yang ditempuhnya. 

2. Alya Rohali

Alya Rohali

Photo :
  • VIVA/ Ayu Utami

Alya Rohali adalah seorang artis yang sudah membintangi berbagai judul sinetron di Tanah Air. Dia juga pernah menjadi pemenang dalam ajang Puteri Indonesia tahun 1996 silam yang mewakili Provinsi DKI Jakarta. Juga, ia sempat menjadi wakil Indonesia dalam ajang Miss Universe di tahun yang sama. 

Mantan model yang satu ini ternyata sudah menyelesaikan pendidikan S3 dalam bidang kenotariatan di Universitas Indonesia. Sedangkan untuk S1 ia menyelesaikan pendidikannya di Universitas Trisakti dengan mengambil jurusan hukum dan kemudian dilanjutkan S2 di Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan manajemen komunikasi. 

3. Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi.

Photo :
  • Instagram @okisetianadewi

Selain menjadi seorang aktris, kakak Ria Ricis ini juga menjadi seorang penulis dan pendakwah yang anda. Ketika Cinta Bertasbih adalah film yang membuat nama Oki Setiana Dewi dikenal publik. Selain menginspirasi banyak orang lewat film dan karya tulisnya, dia juga menginspirasi lewat tingkat pendidikan yang diselesaikannya. 

Oki menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan Sastra Belanda. Kemudian untuk S2 ditempuh di Universitas Negeri Jakarta dengan mengambil jurusan PPs Pendidikan Anak Usia Dini. Meski pernah mendapat short course ke luar negeri. Dia lebih memilih melanjutkan S3 di UIN Syarif Hidayatullah dengan fokus kajian Islam. 

4. Marissa Haque

Marissa Haque

Photo :
  • dok.ist

Perempuan pemilik nama lengkap Dr. Hj. Marissa Grace Haque, S.H., M.Hum., M.B.A, M.H, M.Si ternyata memang mempunyai banyak gelar dalam bidang pendidikan. Dia merupakan seorang artis yang juga pernah menjadi pembawa acara di televisi dan pernah terjun ke dunia politik ini juga memiliki gelar doktor. 

Istri dari Ikang Fawzi ini mendapatkan gelar doktor di Institut Pertanian Bogor (IPB). Sebelum itu, ia sempat menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Trisakti dengan mengambil jurusan Hukum dan S2 di bidang bahasa anak tuna rungu di Universitas Atma Jaya. 

5. Rizal Edwin Manansang

Rizal Edwin Manansang

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Selain terkenal di dunia hiburan Tanah Air, ia juga pernah menjadi seorang akuntan dan birokrat. Ia juga pernah menjadi salah satu personil Trio Libels yang pernah jaya pada era tahun 80-an. 

Rizal tercatat pernah menyelesaikan pendidikan di STAN kemudian dilanjutkan dengan pendidikan ke Amerika Serikat untuk mendapatkan gelar master. Pelantun Gadisku ini menyelesaikan pendidikan S3 di Universitas Indonesia dan meraih gelar doktor pada 2003 silam. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya