Lampu Ungu Dinyalakan Bentuk Penghormatan pada Ratu Elizabeth II

Inggris kibarkan bendera setengah tiang hormati meninggalnya Ratu Elizabeth II
Sumber :
  • AP Photo/Frank Augstein

VIVA Showbiz – Berbagai kota di seluruh dunia telah menyala dengan warna ungu atau menampilkan Union Jack sebagai tanda penghormatan kepada Ratu setelah kematiannya pada usia 96 tahun. Di beberapa kota di Inggris dan luar negeri, monumen telah menyala ungu, sementara yang lain telah memproyeksikan Union Jack sebagai tanda berkabung.

Sebelum Meninggal, Ratu Elizabeth II Sebut Meghan Markle Jahat

Dikutip dari laman The Sun, Mendiang Ratu meninggal dengan damai pada hari Kamis di Balmoral, Skotlandia yang berdampak pada curahan kesedihan secara global.

Menara Eiffel di Paris telah mematikan lampu untuk malam itu sebagai penghormatan kepada raja.

Bendahara Kerajaan Inggris Bocorkan Biaya Fantastis Pemakaman Kenegaraan Ratu Elizabeth

"Sebagai penghormatan kepada Yang Mulia Ratu Elizabeth II, malam ini, saya akan mematikan lampu saya di tengah malam," ujar salah satu netizen di akun twitter.

Sementara itu, The Shard di London telah menyalakan lampu ungunya untuk mengenang sang Ratu. Di Kota New York, lampu menara Empire State Building bersinar ungu dan berkilau dalam warna perak untuk menghormati kehidupan dan warisan raja.

Terungkap Kalimat Terakhir yang Dibisikkan Pangeran Harry ke Ratu Elizabeth II Sebelum Dimakamkan

Dan di kota-kota lain seperti Tel Aviv, Israel, dan Benidorm di Spanyol, Union Jacks berdiri dengan bangga di atas gedung-gedung. Lebih dari 5.000 mil jauhnya di California, ekspatriat dan orang Amerika berkumpul untuk menghormati Ratu, dengan gaya Inggris sejati, di pub.

Di Ye Olde Kings Head, di Santa Monica, sebuah kuil yang didedikasikan untuk raja, yang menampilkan lilin, mawar, dan gambar ditempatkan di luar. Itu terjadi ketika jutaan orang di seluruh dunia bersatu dalam kesedihan setelah kematian tragis Ratu pada hari Kamis.

Presiden Joe Biden berbicara tentang Ratu sebagai sumber kenyamanan dan kebanggaan ketika dia merilis pernyataan panjang tentang hidupnya.

"Yang Mulia Ratu Elizabeth II lebih dari seorang raja. Dia mendefinisikan sebuah era," kata Presiden US itu.

"Dengan kesedihan yang mendalam kami mengetahui kematian Yang Mulia Ratu Elizabeth II," tulis Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di twitter.

"Saya dengan rela bergabung dengan semua yang berduka atas kehilangannya dalam berdoa untuk peristirahatan abadi mendiang Ratu, dan dalam memberikan penghormatan kepada hidupnya dalam pelayanan tanpa henti untuk kebaikan Bangsa dan Persemakmuran," kata Paus Fransiskus.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menggambarkan Ratu sebagai kehadiran konstan dalam hidup.

"Dengan hati terberat kami mengetahui meninggalnya Penguasa terlama di Kanada, Yang Mulia Ratu Elizabeth II. Dia selalu hadir dalam hidup kami dan pengabdiannya kepada warga Kanada akan selamanya menjadi bagian penting dari sejarah negara kami," imbuhnya.

Kerajaan Inggris dan Persemakmuran Ratu kini akan memasuki masa berkabung selama sepuluh hari.

Dalam sebuah pernyataan suram, Istana Buckingham mengonfirmasi Yang Mulia Elizabeth II, raja terlama dalam sejarah Inggris, telah meninggal dunia - menjadikan putranya, Charles, Raja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya