Kasus Penembakan Alec Baldwin Usai, Syuting Rust Dilanjutkan

Alec Baldwin.
Sumber :
  • AP Photo

VIVA Showbiz – Halyna Hutchins yang merupakan korban dari penembakan Alec Baldwin di lokasi syuting film Rust, telah menyelesaikan urusannya dengan pihak produksi film. Setelah hampir setahun lamanya, kesepakatan akhirnya terjadi dan film tersebut akan melanjutkan proses produksi pada Januari 2023.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

“Kami telah mencapai penyelesaian, tergantung pada persetujuan pengadilan, untuk kasus kematian kami yang salah terhadap produser 'Rust,' termasuk Alec Baldwin dan Rust Movie Productions, LLC. Sebagai bagian dari penyelesaian itu, kasus kami akan dihentikan,” kata Matthew Hutchins, suami mendiang Halyna Hutchins, melansir Variety, Kamis 6 Oktober 2022. Scroll terus artikel ini.

Sebagai bagian dari penyelesaian, Hutchins akan menjadi produser eksekutif di film tersebut dan produksi akan dilanjutkan dengan semua pemain utama asli bergabung kembali pada Januari 2023.

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Alec Baldwin.

Photo :
  • Instagram Alec Baldwin

“Saya tidak tertarik terlibat dalam tudingan atau atribusi kesalahan (kepada produser atau Tuan Baldwin),” kata Hutchins. 

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

“Kami semua percaya kematian Halyna adalah kecelakaan yang mengerikan. Saya bersyukur bahwa produser dan komunitas hiburan telah berkumpul untuk memberikan penghormatan kepada karya terakhir Halyna," lanjutnya.

Halyna Hutchins tewas ketika Baldwin menembakkan revolver Colt .45 secara tidak sengaja. Mereka sedang bersiap untuk syuting adegan di Bonanza Creek Ranch dekat Santa Fe, N.M., ketika pistol ditembakkan. Halyna meninggalkan seorang suami dan putranya yang berusia 9 tahun.

Pengacara Hutchins estate, Brian Panish, mengajukan gugatan kematian yang salah pada bulan Februari, menuduh bahwa penembakan itu adalah hasil dari kelalaian dan pemotongan biaya.

Tidak ada persyaratan penyelesaian yang diungkapkan dalam sidang. Namun Baldwin telah memimpin upaya sebelumnya untuk menyelesaikan dengan tanah Hutchins, sebelum gugatan itu diajukan. Dalam diskusi tersebut, yang terungkap dalam pengajuan arbitrase pada bulan Maret, proposal itu menyebutkan untuk memberikan kompensasi kepada keluarga Hutchins melalui hasil asuransi dan sebagian dari keuntungan film. 

Baldwin sangat ingin menyelesaikan klaim perdata dengan cepat dan melanjutkan syuting, karena pemeran "Rust" termasuk aktor cilik yang akan menua dari perannya. Namun, pembicaraan awal itu gagal.

Alec Baldwin.

Photo :
  • AP Photo

“Melalui proses yang sulit ini, setiap orang telah mempertahankan keinginan khusus untuk melakukan yang terbaik untuk putra Halyna. Kami berterima kasih kepada semua orang yang berkontribusi pada penyelesaian situasi tragis dan menyakitkan ini," kata Luke Nikas, pengacara Alec Baldwin.

Sementara itu, sutradara "Rust" Joel Souza juga terluka ketika peluru mengenai bahunya. Dalam pernyataannya sendiri, dia mengungkapkan sosok Halyna yang selama ini dikenalnya.

“Kami yang cukup beruntung telah menghabiskan waktu bersama Halyna mengetahui bahwa dia sangat berbakat, baik hati, kreatif, dan sumber energi positif yang luar biasa. Saya hanya berharap dunia mengenalnya dalam keadaan yang berbeda, seperti yang pasti akan terjadi melalui karyanya yang luar biasa," kata sang sutradara.

“Dalam upaya saya sendiri untuk menyembuhkan, setiap keputusan untuk kembali menyelesaikan penyutradaraan film hanya masuk akal bagi saya jika itu dilakukan dengan keterlibatan Matt dan keluarga Hutchins. Meskipun tentu saja pahit, saya senang bahwa bersama-sama, kami sekarang akan menyelesaikan apa yang saya dan Halyna mulai. Setiap usaha saya di film ini akan dikhususkan untuk menghormati warisan Halyna dan membuatnya bangga. Merupakan hak istimewa untuk melihat ini atas namanya," imbuhnya.

Jaksa di New Mexico belum membuat keputusan apakah akan mengajukan tuntutan terhadap Baldwin atau anggota kru lain yang terlibat dalam penembakan itu. Pada bulan Agustus, Jaksa Wilayah Mary Carmack-Altwies meminta negara bagian sebesar $635.500 dalam dana darurat untuk membayar hingga empat persidangan pidana. Dewan Keuangan negara menyetujui setengah dari jumlah itu pada bulan September.

Selama penyelidikan mereka, FBI menyimpulkan bahwa senjata api yang membunuh Hutchins di lokasi syuting "Rust" tidak mungkin ditembakkan "tanpa menarik pelatuknya sementara komponen internal yang berfungsi masih utuh dan berfungsi." 

Baldwin telah menyatakan bahwa dia percaya bahwa dia tidak menarik pelatuk pada pistol sebelum menembak.

Para penyelidik telah memfokuskan sebagian besar pada Hannah Gutierrez-Reed, pembuat senjata berusia 24 tahun yang memuat senjata Baldwin. Meskipun dia adalah salah satu terdakwa dalam gugatan kematian yang salah, tidak tampak dari pernyataan bahwa dia adalah pihak yang termasuk dalam penyelesaian. 

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, pengacara Gutierrez-Reed, Jason Bowles, mengatakan bahwa dia "bersyukur" bahwa penyelesaian telah tercapai.

"Hannah bersyukur bahwa penyelesaian ini akan menguntungkan keluarga Hutchins dan para pihak dapat menyelesaikan gugatan perdata secara konstruktif," kata Bowles.

“Kami berharap bahwa kantor kejaksaan juga akan mengakui bahwa tindakan Keadilan telah dicapai sehubungan dengan kecelakaan tragis ini dan bahwa mereka akan memilih untuk tidak melanjutkan tuntutan pidana," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya