Dua Aktris Iran Ditangkap Karena Buka Jilbab Saat Protes di Depan Publik

Artis Iran yang ditangkap, Hengameh Ghaziani (kiri) dan Katayoun Riahi (kanan)
Sumber :
  • CNN International

VIVA Showbiz  – Pihak berwenang Iran telah menangkap dua aktris terkenal karena tidak mengenakan jilbab di depan umum sebagai bentuk demonstrasi di tengah protes yang sedang berlangsung, menurut beberapa laporan yang mengutip media pemerintah.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Atas protes mereka, aktris pemenang penghargaan bergengsi, Hengameh Ghaziani dan Katayoun Riahi ditangkap karena dicurigai "berkolusi dengan niat bertindak melawan keamanan negara" dan "propaganda melawan negara," melansir LA Times. Artikel tersebut mengutip IRNA, kantor berita milik pemerintah Iran.

Ghaziani yang berusia 52 tahun, pada hari Minggu memposting video di Instagram-nya di mana dia berdiri di trotoar publik tanpa jilbab, yang mana jilbab diwajibkan bagi wanita di Iran. Dia kemudian menghadap kamera sebelum berbalik untuk mengikat rambutnya menjadi ekor kuda.

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

Artis Iran yang ditangkap, Hengameh Ghaziani (kiri) dan Katayoun Riahi (kanan)

Photo :
  • CNN International

“Mungkin ini akan menjadi postingan terakhir saya,” tulisnya. "Mulai saat ini, apa pun yang terjadi pada saya, ketahuilah bahwa seperti biasa, saya bersama rakyat Iran sampai napas terakhir saya."

Tentara Israel Jatuh Cinta ke Intel Iran yang Nyamar Jadi Wanita, Bocorkan Rahasia Militer

Baik dia maupun Riahi yang berusia 60 tahun, telah menulis postingan di media sosial yang mengkritik tanggapan kekerasan pemerintah terhadap protes yang telah meledak di negara itu sejak kematian Mahsa Amini pada bulan September, seorang gadis berusia 22 tahun yang ditahan oleh polisi karena tidak mengenakan jilbab sesuai dengan standar pemerintah dan meninggal dalam tahanan beberapa hari kemudian.

Riahi, aktris peraih penghargaan yang terkenal karena perannya dalam serial “Prophet Joseph" (2009), dilaporkan ditangkap dari salah satu rumahnya di dekat provinsi tengah Qazvin.

Tuduhan terhadap aktris televisi dan bioskop berusia 60 tahun itu termasuk "menerbitkan informasi palsu" yang ditujukan untuk "mengganggu pikiran" orang.

Aksi demonstrasi mendukung protes antirezim Iran di Berlin, Jerman, Sabtu 22 Oktober 2022.

Photo :
  • AP Photo/Richard Vogel.

“Apakah Anda tidak melihat apa yang terjadi pada anak-anak dan remaja Iran?” Riahi berbagi dalam sebuah pos oleh Yayasan Amal Komak nirlaba miliknya. “Ketahuilah bahwa mereka dipukuli, diinterogasi, dan disiksa di sekolah mereka.”

Dalam video Ghaziani, dia memasukkan potret yang dilukis oleh Saba Soleymani dari Kian Pirfalak yang berusia 9 tahun, yang keluarganya mengatakan dia dibunuh oleh pasukan keamanan negara dan diyakini sebagai yang termuda yang meninggal di tengah penumpasan pengunjuk rasa yang sedang berlangsung.

Pengadilan Iran telah menghukum mati setidaknya lima pengunjuk rasa karena ikut serta dalam demonstrasi. Para kritikus menyebut persidangan itu tidak adil, mengingat kurangnya perwakilan hukum, menurut BBC.

Pada awal November, setidaknya 328 orang telah tewas dan 14.825 lainnya ditangkap dalam kerusuhan tersebut, menurut Aktivis Hak Asasi Manusia di Iran, sebuah kelompok yang memantau protes selama dua bulan.

Pemain Timnas Iran tolak nyanyikan lagu kebangsaan Jelang lawan Timnas Inggris

Photo :
  • The42

Bahkan ketika para pejabat Iran memperketat cengkeramannya pada mereka yang menyuarakan perbedaan pendapat, anggota tim sepak bola nasional Iran, pada hari Senin, tetap diam selama lagu kebangsaan Iran mengalun sebelum pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar saat melawan Inggris.

Para pemain saling bergandengan tangan, dan tidak menyanyikan lagu itu. Cemoohan keras terdengar selama lagu kebangsaan dari kelompok besar pendukung tim di Stadion Internasional Khalifa, beberapa di antaranya memegang tanda bertuliskan "Wanita, Kehidupan dan Kebebasan."

Kapten Iran, Ehsan Hajsafi mengatakan sehari sebelum pertandingan bahwa "kami harus menerima bahwa kondisi di negara kami tidak tepat dan rakyat kami tidak senang."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya