Alasan Habib Jafar Perbolehkan Muslim Ucapkan Selamat Natal

Husein Ja’far Al Hadar atau Habib Jafar
Sumber :
  • IG @husein_hadar

VIVA Showbiz – Husein Ja'far Al-Hadar atau yang akrab disapa Habib Jafar angkat bicara terkait bolehkah seorang Muslim mengucapkan selamat natal. Dia menegaskan bahwa mengucapkan selamat natal kepada umat Nasrani diperbolehkan.

OJK, MUI Agree to Strengthen Sharia Financial Service Sector

“Teman-teman, ucapkan “Selamat Natal” itu boleh secara hukum dan perlu secara etika utk kerukunan. Mereka ucapkan “Selamat Lebaran” ke kita, kita juga balas ucapan baik itu,” cuit Habib Ja’far di Twitter, dikutip Senin, 26 Desember 2022.

Habib Husein Jafar.

Photo :
  • VIVA/Sumiyati.
BI dan MUI Teken Kerja Sama Pengembangan Pasar hingga Digitalisasi Pengelolaan Syariah

Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, perayaan natal di Indonesia terbilang cukup meriah, hal ini merupakan bukti bahwa kerukunan antar umat beragama atau toleransi sangat dijunjung tinggi masyarakat.

Meski demikian, terdapat beberapa pandangan yang mengatakan bahwa mengucapkan selamat natal hukumnya tidak diperbolehkan sesuai fatwa MUI nomor 56 tahun 2016. Habib jafar rupanya memiliki alasan lain yang mendasari ucapannya.

OJK dan MUI Sepakat Perkuat Sektor Jasa Keuangan Syariah hingga Perlindungan Konsumen

Menepis perbedaan pendapat tersebut, Habib Jafar pun menyertakan kutipan Surat Mumtahanah ayat 8.  

Jika diartikan, ayat tersebut berbunyi:

Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu karena agama dan tidak pula mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil,

Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangimu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu, dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu.” (QS Mumtahanah ayat 8.)

Penceramah sekaligus penggiat media sosial Habib Jafar

Photo :
  • Instagram: husein_hadar

Lebih lanjut, melansir tayangan YouTube Salaam Indonesia, Habib Jafar menegaskan bahwa mengucapkan selamat natal kepada umat Nasrani diperbolehkan untuk merawat hubungan sesama manusia.

“Mengucapkan selamat natal kepada yang umat non muslim, justru penting  dalam beberapa hal agar hubungan sesame muamalah, hubungan sesama manusia umat non muslim menjadi harmonis karena Allah katakana bahwa, kita harus selalu lebih baik dari umat agama lain,” ungkap Habib Ja’far

Penceramah sekaligus penggiat media sosial Habib Jafar

Photo :
  • Instagram: husein_hadar
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya