Irfan Ghafur, dari Komika Jadi Youtuber dengan Lebih dari 1 Juta Subscribers

Irfan Ghafur.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Showbiz – Irfan Abdul Gafur atau yang lebih dikenal sebagai Irfan Ghafur, mengawali perjalanan kariernya komika pada 2015. Saat itu dia dikenal sebagai pendiri komunitas Stand Up Indo Bulungan dan menjadi anggota komunitas Stand Up Indo Samarinda yang berhasil menjuarai beberapa kompetisi Stand Up Comedy lokal.

Ditanya Komika Soal Makan Siang Gratis, Ini Jawaban Gibran Rakabuming

Dari dunia stand up comedy, pria kelahiran 20 November 1999 tersebut mengenal YouTube dan mulai membuat video di platform itu semenjak pertengahan 2016. Hal tersebut berawal ketika Irfan mulai jarang mendapatkan tempat untuk Stand Up Comedy hingga dia memutar otak untuk tetap bisa berkomedi dan menghibur orang dan akhirnya ia menemukan YouTube.

Anak dari pasangan Budi Nirwana dan Puji Astuti tersebut menceritakan bahwa prosesnya menuju kesuksesan sebagai konten kreator sekarang ini tidaklah mudah.

Praz Teguh Nilai Wanita dari Mata Kaki, Reaksi Netizen Pro Kontra

Irfan Ghafur.

Photo :
  • Istimewa

Ia sempat diremehkan oleh teman sekolah dan teman dekat terkait video-video konten lucu yang ia unggah. Tak hanya itu, dia mengaku pernah dipukul oleh salah satu oknum aparat keamanan negara ketika membuat konten prank untuk YouTube.

Sosok Arj Barker, Komika yang Dihujat Gegara Usir Ibu Menyusui saat Acara Stand-Up Comedy

Irfan Ghafur mengaku tidak mengetahui bahwa orang tersebut merupakan salah satu aparat keamanan negara dan ngeprank dengan menertawai tanpa alasan hingga dia berakhir dengan dipukul.

Pada tiga tahun pertama membuat video, Irfan Ghafur sama sekali tidak mendapatkan penghasilan dari kontennya, hingga dia pergi merantau pada tahun 2017.

“Saya merantau dari Kalimantan Utara tepatnya di Tanjung Selor ke kota kelahiran saya di Samarinda untuk berkuliah. Dengan berusaha lebih keras, barulah saya mulai merasakan banyak penonton, banyak pengikut hingga dikenal banyak orang sampai sekarang,” kata Irfan.

Pada tahun 2019, Irfan Ghafur makin dikenal masyarakat Indonesia setelah masuk di acara Stand Up Comedy “Cerita Cinta Ku” oleh Raditya Dika hingga akhirnya ia sering berkolaborasi dengan Raditya Dika.

Kini, Irfan Ghafur telah menjadi bintang tamu di TV beberapa kali, pernah menjadi bintang iklan di salah satu brand minuman, berteman dengan beberapa kreator top atau artis idolanya seperti Arief Muhammad, Raditya Dika, Dikta, Nopek Novian, Marshel Widianto, Anji Manji dan masih banyak lagi.

Tercatat Irfan Ghafur berhasil memperoleh 545 ribu pengikut di Instagram, 2,8 juta pengikut di TikTok dan 1,7 juta subscriber di YouTube serta berhasil mendapatkan Silver Play Button hingga Gold Play Button, dan juga pernah masuk nominasi sebagai konten kreator serta komedian digital terfavorit.

Kemudian pada Desember 2020, Irfan memutuskan untuk menikah dengan seorang perempuan bernama Riska Widya Saputri.

“Kita harus mencari sesuatu yang berbeda sebagai identitas kita, seperti saya dikenal sebagai Anak Indie dan Supir Travel. Sebelum saya tidak ada yang membuat konten seperti itu, sehingga saya mudah dikenal orang, selain itu tentu saja konsisten, kalau bisa setiap hari harus selalu membuat video,” ucap Irfan.

“Tunjukkan bahwa ternyata kita bisa kok seperti orang-orang di pulau Jawa khususnya Jakarta,” tambahnya.
Irfan Ghafur juga dikenal sebagai seorang musisi dengan karya singlenya berjudul "Bersemestalah" yang sudah ada di seluruh platform musik dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya