List Drakor Berbiaya Fantastis! Drama Gong Yoo-Song Hye Kyo 80 Miliar Won, Squid Game 2 Lebih Gede

Song Hye Kyo dan Gong Yoo
Sumber :
  • KBIZoom

KOREA SELATAN – Netflix meledakkan bom uang. Mereka merogoh dana besar-besaran untuk menggaet aktor dan penulis naskah ternama. Saat ini, Netflix dikabarkan sedang mempertimbangkan proyek drama yang dibintangi aktris dan aktor ternama Korea Selatan, Song Hye Kyo dan Gong Yoo dengan anggaran biaya berkisar 80 miliar Won. 

7 Drama Korea Baru yang Tayang di Bulan Juni 2024

Drama itu menghadirkan cerita tentang periode yang berlatar belakang pertumbuhan bisnis pertunjukan Korea pada tahun 1980-an, sebuah karya dari penulis populer Noh Hee Kyung, setelah hiatus 2 tahun. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Skala produksi dan anggaran untuk drama tersebut dikabarkan sangat besar. Dalam satu proyek, mereka menggelontorkan 3 miliar Won per episode dengan totalnya 80 miliar Won.

Lovely Runner Dinobatkan Menjadi K-Drama Terbaik Tahun Ini

Drama The Glory yang dibintangi oleh Song Hye Kyo.

Photo :
  • Soompi

Squid Game Season 2 yang akan tayang di Netflix, diperkirakan akan mengantarkan era K-drama pertama dengan anggaran produksi dikabarkan mencapai besaran 100 miliar won. Dikabarkan bahwa Lee Jung Jae sebagai aktor utama menerima bayaran sebesar 1 miliar won per episode.

TVING Terancam Rugi Besar Meskipun Queen Of Tears Sukses Ditayangkan

Netflix menaruh ekspektasi tinggi pada konten Korea seperti Squid Game Season 2. Reed Hastings selaku CEO Netflix menjanjikan lebih banyak investasi pada konten Korea.

“Kami terus berinvestasi di Korea, dan perjalanan kami dengan mitra kreatif terbaik yang mewakili Korea baru saja dimulai," kata Reed Hastings dikutip Kbizoom, Senin 13 Mei 2024.

Netflix diperkirakan akan merilis sekitar 26 drama dan film Korea pada tahun ini, seperti "Two Women” karya Kim Go-eun serta drama “When Life Gives You Tangerines” yang dibintangi IU dan Park Bo Gum juga akan dirilis di Netflix. Anggaran biaya untuk drama “When Life Gives You Tangerines” dikabarkan sekitar 60 miliar won.

Kemudian, Disney+ juga akan merilis series drama berjudul "Uncle Samsik” pada 15 Mei 2024 mendatang, menginvestasikan anggaran produksi terbesarnya sejak series drama “Moving”. Ini adalah proyek OTT pertama untuk aktor terkenal, Song Kang Ho. Disney+ dikabarkan menginvestasikan 40 miliar won di series Uncle Samsik.

Beberapa waktu lalu, rata-rata anggaran produksi per episode adalah 300 - 400 juta won. Dengan masuknya platform OTT global seperti Netflix ke pasar Korea, anggaran produksi per episode telah mencapai 2 miliar won.

Porsi terbesar anggaran produksi digunakan untuk biaya penampilan aktor. Dengan masuknya aktor dan aktris papan atas Korea ke platform OTT berskala besar, biaya atau honor mereka pun meroket.

“Sekarang menjadi kenyataan bagi aktor terkenal untuk mengajukan 1 miliar won per episode untuk biaya penampilan,” kata orang dalam industri.

Dikatakan bahwa karena biaya penampilan yang tinggi dan kemampuan untuk meninggalkan kesan pada pemirsa luar negeri, aktor-aktor terkenal berbondong-bondong ke platform OTT global seperti Netflix.

Di sisi lain, dikabarkan bahwa akibat ledakan biaya produksi, banyak stasiun penyiaran yang mengurangi produksi drama secara drastis. Sebagian besar drama Rabu-Kamis telah ditangguhkan sementara, dan penjadwalan mini-seri bahkan drama Senin-Selasa dikurangi. Jumlah drama yang ditayangkan di saluran domestik, yaitu sekitar 141 pada tahun 2022, menurun sekitar 30-40 persen menjadi 123 pada tahun 2023 lalu dan sekitar 100 pada tahun 2024 ini.

Platform OTT dalam negeri Korea, seperti TVING dan Wavve juga telah mengurangi investasi mereka dalam drama secara signifikan. Secara khusus, Wavve dikabarkan tidak memiliki jadwal rilis drama tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya